Tanggung Jawab dan Tugas Ahli Geologi di Bidang Pertambangan

- Redaksi

Kamis, 6 Oktober 2022 - 13:03

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanggung Jawab dan Tugas Ahli Geologi di Bidang Pertambangan

Tanggung Jawab dan Tugas Ahli Geologi di Bidang Pertambangan

Beritasulsel.com – Berkarier di bidang pertambangan memang menjadi salah satu pilihan seorang ahli geologi. Sebagaimana diketahui, ada korelasi yang sangat dekat antara bidang geologi dan pertambangan. Selain itu, pada dasarnya, banyak perusahaan tambang yang memerlukan peran dari seorang ahli geologi untuk menunjang aktivitas perusahaan pertambangan tersebut.

Nah, berbincang tentang korelasi ahli geologi dan pertambangan, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tanggung jawab dan tugas ahli geologi di bidang pertambangan. Tentu, dengan mengetahui tanggung jawab dan tugas tersebut Anda yang tertarik berkarier di bidang pertambangan akan memiliki pertimbangan.

Ragam Tanggung Jawab dan Tugas Ahli Geologi di Bidang Pertambangan

Sebagaimana disinggung sebelumnya, seorang ahli geologi memiliki peran yang sangat penting di bidang pertambangan untuk menunjang operasional perusahaan. Selain mengetahui tugas dan tanggung jawab tersebut, Anda bisa kunjungi situs ini untuk melihat contoh CV ahli geologi yang ingin mendaftar di perusahaan pertambangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adapun beberapa tanggung jawab dan tugas seorang ahli geologi di bidang pertambangan diantaranya adalah:

  1. Merancang lokasi tambang

Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang ahli geologi di bidang pertambangan adalah merancang lokasi tambang. Tentu saja tugas ini cukup besar dan juga berat karena akan berpengaruh pada kesinambungan operasional perusahaan pertambangan tersebut.

Berbekal dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, ahli geologi memiliki kemampuan untuk menentukan lokasi tambang yang tepat. Tentu, Anda harus melakukan riset mendalam untuk mendapatkan hasil yang akurat. Selain itu, ahli geologi nantinya akan menentukan apakah lokasi tambang yang dieksplorasi merupakan tambang terbuka atau bawah tanah. 

  1. Melakukan pengawasan pada pembangunan poros dan lorong tambang

Selain merancang lokasi tambang, seorang ahli geologi memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengawasan pada pembangunan poros serta lorong pertambangan. Kondisi ini diperlukan terutama ketika lokasi tambang yang hendak digarap adalah tambang bawah tanah.

Tentu saja, pengawasan sangat penting dilakukan karena baik poros dan juga lorong lokasi pertambangan akan berpengaruh pada keamanan dan kelancaran mobilitas serta operasional tambang. Oleh karenanya, poros dan lorong tambang harus dibangun secara profesional sesuai dengan standar yang digunakan.

  1. Merancang metode pengangkutan barang tambang ke pabrik

Tugas dan tanggung jawab ahli geologi di bidang pertambangan lainnya yang sangat penting dan juga krusial adalah merancang metode pengangkutan barang tambang ke pabrik. Dengan kata lain, seorang ahli geologi memiliki tugas untuk mengatur mekanisme pengiriman mineral hasil tambang sebelum nantinya diolah di pabrik.

Metode pengangkutan tentu perlu dipikirkan secara matang. Pasalnya, perusahaan tentu ingin memiliki metode pengangkutan yang efektif dan efisien sehingga hasil tambang bisa diangkut dengan cepat dalam jumlah yang maksimal sehingga biaya angkut bisa diminimalkan.

Tidak hanya itu, ahli geologi juga perlu memikirkan bagaimana tingkat keamanan dari metode pengangkutan yang digunakan. Hal ini dikarenakan keamanan menjadi hal pokok yang harus dipertimbangkan, bukan hanya tentang efisiensi pengangkutan semata. 

  1. Menyiapkan dokumen laporan teknis

Dalam mengembang tugas di bidang pertambangan, seorang ahli geologi juga perlu menyiapkan laporan teknis tertentu, terutama terkait aktivitas pertambangan. Dokumen teknis yang dimaksud nantinya akan dikirimkan kepada beberapa pihak terkait seperti penambang, insinyur, supervisor dan pihak penting lainnya.

Bisa dikatakan bahwa dokumen teknis ini sangat penting. Pasalnya, dokumen tersebut mencakup kegiatan pertambangan dari awal hingga akhir. Tidak hanya itu, dokumen teknis yang dibuat akan memberitahukan semua mekanisme pertambangan sehingga tidak ada missed communication yang bisa mengganggu jalannya aktivitas pertambangan.

  1. Memantau tingkat produksi

Seorang ahli geologi di bidang pertambangan juga memiliki tugas untuk melakukan pemantauan terutama di tingkat produksi dan eksplorasi daerah tambang. Ini adalah salah satu tugas yang sangat penting dan akan dilakukan secara berkesinambungan dalam waktu yang lama.

Pemantauan pada tingkat produksi merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, tanggung jawab ini berhubungan dengan bagaimana efektivitas produksi produk tambang untuk dijadikan barang jadi. Selain itu, pemantauan juga dilakukan untuk memastikan mutu dari hasil produksi tambang cenderung baik serta stabil.

  1. Menyediakan alternatif solusi

Satu lagi tugas dan tanggung jawab ahli geologi yang bekerja di bidang pertambangan adalah menyediakan alternatif solusi terutama untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Perlu disadari bahwa aktivitas pertambangan merupakan salah satu aktivitas dengan risiko yang cukup besar.

Misalnya saja, adanya risiko kerusakan lingkungan yang muncul karena aktivitas pertambangan yang dilakukan. Jika hal ini terjadi, seorang ahli geologi harus memiliki alternatif solusi seperti berpindah tempat atau lainnya. 

Beberapa hal di atas adalah ragam tugas dan tanggung jawab ahli geologi dalam bidang pertambangan. Tentu saja, untuk bisa menunaikan tugas dan tanggung jawab tersebut seorang ahli geologi harus memiliki ilmu pengetahuan dan juga pengalaman yang relevan. (dzotan)

Berita Terkait

Press Release KPPN Parepare, Penyaluran APBN Semester I Wilayah Ajatappareng
Pertumbuhan Ekonomi Bantaeng Tembus 15,45 Persen, Ekonom Unhas: Luar Biasa!!
Silaturahim, Sejumlah OPD Pemerintah Provinsi Sulsel Berkunjung ke Huadi Bantaeng
KPPN Parepare Paparkan Realisasi APBN 2022 dan Strategi Pelaksanaan APBN 2023
PT Jenewa Unggul Perkasa Melaunching AWOkey, Satu Aplikasi Untuk Banyak Manfaat
2022, Huadi Nickel Alloy Bantaeng Exportir Nilai Devisa Terbesar di Sulawesi Selatan
Bank Sulselbar Bulukumba Lounching “SimPel”, Rio Subagyo : Ajak Siswa Menabung Sejak Dini
Kopi Arabika Bantaeng Akhirnya Kantongi Hak IG Kopi Dari Kemenkumham R.I

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 01:03

Ramalan Zodiak Pisces Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:55

Ramalan Zodiak Capricorn Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:52

Ramalan Zodiak Sagitarius Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:42

Ramalan Zodiak Libra Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:39

Ramalan Zodiak Virgo Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:34

Ramalan Zodiak Leo Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:30

Ramalan Zodiak Cancer Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Sabtu, 24 Februari 2024 - 00:27

Ramalan Zodiak Gemini Hari ini Sabtu 24 Februari 2024: Kesehatan, Asmara, Karier dan Keuangan

Berita Terbaru