Program Asuransi Peternakan di Bantaeng jadi Episentrum di Sulsel, Ilham Azikin Terima Penghargaan dari Jasindo

- Redaksi

Rabu, 24 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bantaeng – PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) menyebut Bantaeng sebagai daerah Episentrum Peternakan di Sulsel. Hal ini terjadi berkat program Asuransi Pertanian dan Peternakan yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Bantaeng sejak 2019.

Untuk diketahui, program Asuransi Peternakan ini adalah program unggulan Pemkab Bantaeng yang diinisiasi oleh DR Ilham Azikin saat menjabat sebagai Bupati Bantaeng periode 2018-2023.

Program ini melindungi peternak di Bantaeng dari ancaman gagal panen akibat ternak yang mati atau kecurian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pemerintah membayarkan premi asuransi itu kepada para peternak di Bantaeng. Dan berkat program ini, peternak yang ada di Bantaeng tidak perlu khawatir jika ternaknya mati. Karena akan digantikan melalui klaim asuransi oleh PT Jasindo.

“Kami harus berterimakasih kepada pak Ilham Azikin. Berkat program ini, Bantaeng sekarang menjadi episentrum peternakan di Sulawesi Selatan,” kata RO Manajer PT Jasindo Cabang Makassar, Muh Arief Akbar dalam acara penyerahan klaim asuransi peternakan di Bantaeng. Selasa, (23 Juli 2024).

Dia menambahkan, berkat program ini, literasi tentang pentingnya asuransi peternakan mulai semakin luas.

Dia menyebut, setelah Bantaeng melakukan program ini, banyak daerah lain yang mulai sadar akan pentingnya asuransi peternakan untuk melindungi para peternaknya.

“Meningkatnya literasi keuangan perbankan atas asuransi peternakan di Sulsel ini tidak terlepas dari peran kerja sama yang terbangun dengan Pemkab Bantaeng ini. Akhirnya, semakin banyak daerah yang paham tentang asuransi peternakan ini, dan semakin banyak yang berminat untuk mengikuti jejak Pemkab Bantaeng dengan mengikuti program asuransi peternakan ini,” kata Arief Akbar.

Arief menambahkan, Bantaeng juga menjadi salah satu daerah dengan klaim asuransi terbesar di Sulsel.

Dalam kurun waktu Januari hingga Juli 2024, ada sebesar Rp.1,4 miliar klaim asuransi yang telah dicairkan.

“Kami sudah menyelesaikan klaim asuransi sebesar Rp1,4 Miliar. Jadi kami selesaikan komitmen kami. Kami tentu berharap kerja sama ini akan terus berlanjut,” kata Arief.

Dalam kesempatan itu, PT Jasindo juga memberikan penghargaan kepada Bupati Bantaeng periode 2018-2023, DR Ilham Azikin.

Penghargaan ini diberikan sebagai tokoh penggerak asuransi pertanian dan peternakan di Sulsel.

PT Jasindo menilai, Gerakan Asuransi Pertanian dan Peternakan di Sulsel dimulai dari Kabupaten Bantaeng.

“Sekali lagi kami berterima kasih kepada bapak Ilham Azikin,” kata RO Manajer PT Jasindo Cabang Makassar, Muh Arief Akbar.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng, Bachtiar mengatakan, Asuransi Peternakan ini adalah salah satu bentuk kehadiran pemerintah untuk melindungi peternak yang ada di Bantaeng.

Kadis Pertanian ini menyebut, setiap peternak yang mengalami gagal panen seperti ternak yang mati atau kecurian mendapatkan klaim asuransi senilai Rp.10 juta.

“Uang ini bisa digunakan untuk membeli bibit ternak yang baru,” kata Kadis Pertanian.

Bahtiar menambahkan, Bantaeng memang menjadi salah satu daerah dengan klaim asuransi peternakan yang terbesar di Sulsel. Hal itu terjadi, jumlah peternak yang terlindungi asuransi peternakan ini cukup luas.

“Di daerah lain itu paling jauh Rp.100 juta klaim asuransinya. Kita di periode Januari hingga Juli itu klaim asuransinya capai Rp1,4 Miliar,” kata dia.

Dihubungi terpisah via whatsapp pada Rabu (24/07/2024), Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng Sri Eben Mangampa mengatakan: “Kegiatan penyerahan klaim bagi peternak merupakan kegiatan yang setiap tahunnnya di laksanakan oleh Asuransi Jasindo bekerjasama dengan Pemkab Bantaeng dalam hal ini Dinas Pertanian”.

“Ini merupakan bagian dari komitmen bersama Asuransi Jasindo sebagaimana yang tertuang dalam Perjanjian Kerjasama dan MOU dengan pemerintah Kab.Bantaeng  tahun 2023 lalu. Dimna penerima klaim adalah peternak yang terdaftar dalam peserta asuransi usaha ternak sapi tahun 2023,” kata Kabid Peternakan, Sri Eben.

(Kabid Peternakan Dinas Pertanian Bantaeng, Sri Eben Mangampa)

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Bantaeng menjelaskan bahwa masa polis asuransi tersebut berlaku satu tahun sampai dengan tahun 2024.

“Kami sangat mengapresiasi pihak Asuransi Jasindo karena sangat profesional dalam pelaksanaan kerjasama ini,” kata Sri Eben.

“Pembayaran klaim dilaksanakan dengan tepat waktu dan sesuai dengan aturan dan perjanjian,” ujarnya.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Bantaeng, Sri Eben Mangampa mengucapkan terimakasih kepada Bapak Ilham Azikin yang telah menjadikan asuransi pertanian dan peternakan sebagai salah satu program unggulan selama menjabat sebagai Bupati Kab.Bantaeng.

Sehingga peternak dapat tetap melanjutkan usahanya dengan adanya pembayaran klaim terhadap sapi sapi mereka yang mati.

“Atas keberhasilan ini, pihak Jasindo memberikan penghargaan kepada beliau atas apa yg telah diprogramkan oleh Bapak Ilham Azikin,” kata Sri Eben.

(Kabid Peternakan Dinas Pertanian Bantaeng bersama Peternak di Bantaeng)

“Puji Tuhan, bapak Ilham Azikin mendapat penghargaan sebagai tokoh penggerak Asuransi Pertanian dan Peternakan di Sulawesi Selatan,” ucap Kabid Peternakan Dinas Pertanian Bantaeng.(**)

Berita Terkait

Dandim 1410 Bantaeng Jadi Inspektur Upacara HUT TNI Ke-79, Letkol Eka: “TNI Dituntut Kedepankan Kepentingan Rakyat”
Cucu Cendekiawan Muslim Sulsel Tatap Muka dengan Tokoh Masyarakat di Tompobulu Bantaeng, Kanita Kahfi: “Buat Teman-teman Kakek Saya, Alhamdulillah dan Terima Kasih atas Dukungan ta”
Pemdes Bonto Cinde: Dirgahayu TNI Ke-79, Kades Mantasari: “Terima Kasih TNI”
Pj Bupati Bersama Forkopimda Silaturrahmi Dengan Para Paslon Pilkada Bantaeng 2024, Andi Abubakar: “Jaga Kondusifitas di Pilkada Bantaeng 2024”
Ada Apa Dengan PPP Bantaeng? Pengurus dan Kader Buang Baju Seragam Pengurus Partai di Tong Sampah
Pemdes Bonto Cinde Bantaeng Gelar Musdes, Bahas Penyusunan Perencanaan Pembangunan Tahunan Desa Bonto Cinde
Dandim 1410 Bantaeng Resmikan Musholla Syekh Muhammad Amir, Letkol Eka Agus Indarta: “Wujud Karya Bakti TNI”
Ketua DPC PKB Bantaeng Ajak Warga Mangngarabbe dan Parang Labbua Untuk Menangkan Ilham-Kanita di Pilkada 2024

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 17:34

Dandim 1410 Bantaeng Jadi Inspektur Upacara HUT TNI Ke-79, Letkol Eka: “TNI Dituntut Kedepankan Kepentingan Rakyat”

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 13:04

Cucu Cendekiawan Muslim Sulsel Tatap Muka dengan Tokoh Masyarakat di Tompobulu Bantaeng, Kanita Kahfi: “Buat Teman-teman Kakek Saya, Alhamdulillah dan Terima Kasih atas Dukungan ta”

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 09:32

Pemdes Bonto Cinde: Dirgahayu TNI Ke-79, Kades Mantasari: “Terima Kasih TNI”

Jumat, 4 Oktober 2024 - 17:36

Pj Bupati Bersama Forkopimda Silaturrahmi Dengan Para Paslon Pilkada Bantaeng 2024, Andi Abubakar: “Jaga Kondusifitas di Pilkada Bantaeng 2024”

Jumat, 4 Oktober 2024 - 11:53

Ada Apa Dengan PPP Bantaeng? Pengurus dan Kader Buang Baju Seragam Pengurus Partai di Tong Sampah

Berita Terbaru

Pemkot Parepare

Pj Wali Kota Abdul Hayat Gani Hadiri HUT TNI ke-79

Sabtu, 5 Okt 2024 - 17:44