Sosialisasi Pengolahan Sampah dalam ALAKE, Pemkot Parepare Imbau Peduli Kebersihan

- Redaksi

Kamis, 23 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritasulsel.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Susianna membuka Sosialisasi Pengolahan Sampah Dalam Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi (ALAKE) Kecamatan Bacukiki Barat di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare. Rabu, 22/11/2023.

Hadir sebagai narasumber Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun. Hadir pula Camat Bacukiki Barat, Ardiansyah Arifuddin dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare, Susianna mengatakan Pemerintah Kota Parepare, telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan derajat kualitas hidup masyarakatnya, dengan berbagai macam program kegiatan pembangunan di seluruh bagian kota.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pemerintah Kota Parepare, menurutnya berkomitmen bahwa pembangunan-pembangunan di Kota Parepare selama ini semuanya dilakukan dengan pendekatan ramah lingkungan dan menggunakan teknologi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“Terkait dengan Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi (ALAKE), Pemerintah Kota Parepare sangat mendukung hal ini. Program seperti ini telah lama dilakukan melalui Pagu Indikatif Wilayah. Dengan adanya program ALAKE ini akan memudahkan dalam memasukkan program lingkungan sebagai salah satu indikator,” ucap Susianna.

Susianna mengemukakan bahwa salah satu permasalahan besar yang dialami kota-kota besar di Indonesia adalah persampahan. Sampah, kata dia, dapat diartikan sebagai konsekuensi adanya aktivitas kehidupan manusia yang akan selalu ada selama aktivitas kehidupan masih terus berjalan. Setiap tahunnya, dapat dipastikan volume sampah akan selalu bertambah seiring dengan pola konsumerisme masyarakat yang semakin meningkat.

“Pemerintah Kota Parepare memiliki program bank sampah. Program ini menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan di samping memiliki nilai ekonomis. Masyarakat semakin termotivasi nilai ekonominya bisa jadi lebih tinggi. Di samping itu juga bank sampah ini terdapat nilai sosial dan lingkungan yang membantu pemerintah,” ungkapnya.

Pembangunan Bank Sampah tersebut, lanjutnya, merupakan momentum awal dalam membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur-ulang, dan memanfaatkan sampah. Hal ini penting, karena sampah mempunyai nilai jual dan pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan dapat menjadi budaya baru masyarakat.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk peduli melakukan pembersihan terhadap sampah-sampah yang ada. Ayo kita jadikan budaya hidup kita, untuk jaga Kota Parepare supaya bersih dan indah, mulai dari diri kita dan lingkungan rumah tempat tinggal kita, tempat kerja. Penanganan sampah harus dilakukan secara sistematis, terstruktur dan massif,” imbaunya.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, pengelolaan sampah di Kota Parepare dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan menjaga kelestarian lingkungan kita,” tandasnya. (*)

Berita Terkait

DPRD Parepare Soroti Jabatan Dewas PDAM Tirta Karajae, Bakal Gelar RDP
Pj Wali Kota Parepare Terima Penghargaan di HUT ke-355 Sulsel
Pemkot Parepare Apresiasi Rakerda LSM Gerak Indonesia, Harap Terus jadi Lembaga Sosial Pro Rakyat Kecil
Pj Wali Kota Parepare Puji Pelayanan dan Fasilitas Mal Pelayanan Publik
Pj Wali Kota Parepare Hadiri Kunjungan Panglima Kodam XIV Hasanuddin di Mako Brigif
Pj Ketua TP PKK Buka Parepare Talkshow Pencegahan Penyakit Degeneratif, Edukasi Kesehatan Bersama Dokter Gizi Klinik
PAM Tirta Karajae Parepare Ingatkan Pelanggan untuk Tidak Menunggak Bayar Tagihan Air
Pemkot Parepare Luncurkan Inovasi Bang KORPRI, Tingkatkan Kompetensi ASN

Berita Terkait

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:26

DPRD Parepare Soroti Jabatan Dewas PDAM Tirta Karajae, Bakal Gelar RDP

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 16:29

Pj Wali Kota Parepare Terima Penghargaan di HUT ke-355 Sulsel

Jumat, 18 Oktober 2024 - 17:54

Pemkot Parepare Apresiasi Rakerda LSM Gerak Indonesia, Harap Terus jadi Lembaga Sosial Pro Rakyat Kecil

Jumat, 18 Oktober 2024 - 17:33

Pj Wali Kota Parepare Puji Pelayanan dan Fasilitas Mal Pelayanan Publik

Jumat, 18 Oktober 2024 - 17:26

Pj Wali Kota Parepare Hadiri Kunjungan Panglima Kodam XIV Hasanuddin di Mako Brigif

Berita Terbaru