Satgas Covid-19 Sebut Sulsel Bebas Zona Merah, Wagub: Berkat Kerja Bersama

oleh -

Makassar, Sulsel – Kabar baik dari Sulawesi Selatan. Kabar terbaru menyebutkan, jika Sulsel tidak lagi tercatat sebagai wilayah yang berstatus zona merah.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, jika dua Provinsi yakni Jawa Timur dan Sulawesi Selatan tidka lagi berstatus zona merah.

“Dari segi zona risiko, kabupaten/kota zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan pada pekan ini seluruhnya sudah berpindah menjadi zona oranye. Ini artinya tidak ada lagi zona merah,” kata Juru Bicara Satgas, Wiku Adisasmito, Selasa 6 Oktober 2020.

BACA JUGA :   Update Pasien Covid-19 Parepare, Positif Corona Jadi 33 Orang

Wiku menyampaikan apresiasinya kepada dua wilayah tersebut. Hal baik ini diharapkan juga diikuti daerah-daerah lain. “Ini adalah prestasi yang luar biasa dari dua provinsi ini,” akunya.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman turut senang atas kabar itu. Dirinya berharap Sulsel bisa tidak lagi zona merah ataupun bisa meningkatkan status pada zona hijau.

Upaya yang dilakukan Pemprov Sulsel bisa membuat angka positif (terkonfirmasi) tampak melandai dan angka kesembuhan yang tinggi. Seperti data harian Covid-19 tanggal 6 Oktober 2020, sulsel tercatat terjadi penambahan kasus positif (terkonfirmasi) 46, dengan angka kesembuhan 200 dan 0 angka kematian.

BACA JUGA :   Ciptakan Suasana Aman dan Damai, Polsek KPN Gencar Lakukan Patroli di Pagi Hari

Untuk angka reproduksi (Rt), per 4 Oktober 2020, Sulawesi Selatan paling rendah di Indonesia. Dengan Rt 0,76.

Upaya intervensi sektor hulu dan hilir menjadi langkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satunya melalui program Duta Wisata Covid-19.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, “Alhamdulillah, Sulawesi Selatan sudah keluar dari zona merah,” ucapnya.

Dirinya pun mengakui, bahwa hal ini tentunya berkat kerja bersama dari sektor hulu dan hilir.

BACA JUGA :   Kapal Pesiar Akan Berlabuh di Parepare, Bukti Parepare Dikenal Mancanegara

“Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih ke seluruh Tim Hulu diantaranya Operasi Yustisi yang melibatkan TNI, Polri dan Satpol-PP; Program Swab Gratis, Dinkes/Nakes, Duta Wisata Covid-19, serta jajaran Pemda/Pemkot. Hal itu pula untuk tim dari sektor Hilir diantaranya tim Nakes, Management RS dan lainnya,” tuturnya.

“Ini kerja tim kerja bersama dan semangat bersama. Ini belum usai tapi kita sudah di jalan yang benar dan progresif,” tegasnya. (*)