Innalillah! Satu Lagi Prajurit TNI Gugur Ditembak di Puncak Jaya

oleh -
Istimewah
Istimewah

Beritasulsel.com – Satu anggota TNI tewas usai ditembak di bagian paha kiri oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di daerah Longsoran Baganbaga Distrik Yambi Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Kapendam XVII Cenderawasih Kol Inf Muhamad Aidi kepada wartawan membenarkan adanya peristiwa penembakan yang menewaskan salah satu anggotanya.

Korban, kata dia, atas nama Pratu Makamu. Korban tewas setelah tertembak di bagian paha kiri, pada hari Jumat 18 Januari 2019 sekira pukul 12.00 WIT.

BACA JUGA :   Baku Tembak dengan OPM, Satu Tentara Gugur Satu Terluka

“Saat itu tim TNI bergerak dari Distrik Mulya menuju Distrik Yambi dalam rangka mendorong logistik, saat sampai di daerah longsoran Babanbaga tiba-tiba mendapatkan gangguan tembakan dari atas ketinggian,” ungkap Muhammad Aidi kepada wartawan, Sabtu (19/01/2019).

Pasukan TNI berusaha membalas tembakan dan melakukan pengejaran, namun karena kondisi medan yang sangat berat KKB yang berhasil diidentifikasi pimpinan Lekagak Talenggeng diperkirakan berjumlah belasan orang berhasil melarikan diri secara terpencar masuk ke hutan.

BACA JUGA :   Kisah Jimmy, Pura-pura Mati Hingga Selamat dari Pembantaian OPM

Menurut Muhammad Aidi, dari kedudukan KKB saat dilaksanakan pembersihan ditemukan beberapa barang bukti berupa dua buah magasen senapan panjang berikut amunisinya, dua buah tongkat komando diduga milik Lekagak Talenggeng, dua buah stempel TPN OPM dan sejumlah dokumen TPN OPM.

Saat ini jenazah almarhum dalam perjalanan menuju Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Jenazah selanjutnya akan diserahkan ke pihak keluarga yang sudah menunggunya.

BACA JUGA :   Tiga Prajurit TNI Gugur Ditembak di Papua, Satu Asal Sulsel

Situasi saat ini di Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, masih kondusif dan aktivitas masyarakat tetap berjalan normal. Pasukan TNI melaksanakan siaga sambil mengimpun informasi tentang kedudukan KKB untuk dilakukan pengejaran.