https://ffaw.orghttps://monkproject.orgslot luar negeri

GPAM Juga Akan Laporkan Kapolres Sidrap ke Ombudsman RI, Imbas Lepas 3 Tangki Pengangkut Solar

- Redaksi

Rabu, 3 April 2024 - 20:47

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tangki PT Bulukumba Berkah Mandiri saat berada di Mapolsek Watang Pulu (foto: beritasulsel.com)

Tangki PT Bulukumba Berkah Mandiri saat berada di Mapolsek Watang Pulu (foto: beritasulsel.com)

Beritasulsel.com – Kasus mobil tangki pengangkut solar yang ditahan selama dua hari kemudian dilepas oleh Satreskrim Polres Sidrap, semakin hari semakin memanas.

Gerakan Perjuangan Aktivis Mahasiswa (GPAM) DPD Sulsel, mengaku akan melaporkan juga Kapolres Sidrap ke Ombudsman RI setelah menyurati Kapolri.

Ketua GPAM DPD Sulsel, Riswandi, mengatakan bahwa Ombudsman memiliki kewenangan untuk mengawasi dan menilai kinerja instansi pemerintahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Termasuk dalam penanganan kasus seperti tangkap lepas truk terduga penyelundup BBM ilegal,” ujar Riswandi, Rabu (3/4/2024).

Dijelaskan bahwa Ombudsman juga dapat melakukan investigasi terhadap keluhan terkait penyalahgunaan wewenang atau ketidakpatuhan terhadap prosedur hukum yang berlaku oleh instansi terkait, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan atau tindakan lanjutan.

“Maka dari itu, selaku sosial kontrol, kami (GPAM) akan melaporkan atau mengadukan Kapolres Sidrap ke Ombudsman dengan harapan ada tindakan lebih lanjut sehingga kasus ini terang benderang,” harap Riswandi.

Sebelumnya, tiga unit mobil tangki PT Bulukumba Berkah Mandiri (PT BBM) yang mengangkut solar dari Kota Makassar, Sulsel, menuju Kabupaten Morowali, Sulawsi Tengah (Sulteng), ditahan selama dua hari lalu dilepas oleh Satrekrim Polres Sidrap.

Mobil tersebut diduga mengangkut solar subsidi yang diduga akan diselundupkan ke Kabupaten Morowali namun dilepaskan pada hari Kamis 28 Maret 2024 dengan dalih surat suratnya lengkap.

Kasus tersebut kini berpolemik, sejumlah aktivis menduga ada kesalahan dalam proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Sidrap hingga melepas mobil tangki PT BBM itu.

“Kesalahan yang dimaksud adalah, polisi melepaskan mobil tersebut padahal belum mengetahui jenis solar yang diangkut apakah solar subsidi atau solar industri. Kemudian pemilik solar belum pernah dihadirkan untuk diperiksa. Ini yang memunculkan dugaan adanya permainan antara oknum penyidik dengan pemilik,” tutur Riswandi.

Beberapa hari lalu, tepatnya Senin 1 April 2024, Kasat Reskrim Polres Sidrap AKP Agung Rama Setiawan telah memaparkan duduk perkara dalam kasus tersebut.

Agung mengatakan bahwa pihaknya telah memeriksa dokumen dokumen yang digunakan oleh PT BBM sebelum dilepas, dan dalam pemeriksaan itu, pihaknya menemukan bahwa dokumen PT BBM, lengkap.

Dia menjelaskan bahwa PT BBM adalah mitra kerja atau penyalur solar milik PT Sri Karya Sukses (PT SKS) dengan nomor surat 001/SK-BBM/SKS/XII/2023 Tanggal 23 Desember 2023.

Namun saat ditanya PT SKS menyuplai solar dari mana yang kemudian diberikan kepada PT BBM untuk diangkut atau diperjualbelikan? Agung tidak mau menjawab pertanyaan itu.

Kemudian dokumen yang dimaksud oleh Agung yang menjadi pegangan PT BBM adalah, Delivery Order (DO) pertanggal tanggal 26 Maret 2024, Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AHU-0062622.AH.01.01 Tahun 2022 Tanggal 12 September 2022 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perseroan Terbatas PT Bulukumba Berkah Mandiri.

Perizinan Berusaha Berbasis Resiko yang dikeluarkan Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dengan Nomor Induk Berusaha: 1209220112298 tanggal 12 September 2022.

Surat Keterangan PT. Sri Karya Sukses Nomor : 001/SK-BBM/SKS/XII/2023 Tanggal 23 Maret 2024 Tentang Pendistribusian BBM Jenis SOLAR HSD INDUSTRI Sebanyak 18000 Liter Milik PT. Sri Karya Sukses yang dimuat pada 3 unit mobil tangki milik PT. BBM.

Selanjutnya, Izin dan Legalitas PT SKS dalam melakukan Niaga Minyak dan Gas Bumi seperti Surat Keputusan Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 76/1/IU/ESDM/PMDN/2022 tanggal 08 Maret 2022 Tentang Izin Usaha Niaga Minyak Bumi dan Gas Bumi PT Sri Karya Sukses.

Surat Keputusan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Republik Indonesia Nomor : 15/NRU/KA/BPH MIGAS/2022 tanggal 31 Maret 2022 Tentang Nomor Registrasi Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi Untuk PT Sri Karya Sukses.

Namun dokumen dokumen tersebut hanya disebutkan tapi tidak diperlihatkan oleh Agung, adapun nomor dokumen tersebut hanya dikirm via WhatsApp ke beberapa awak media.

Agung juga tidak ingin awak media memotret dokumen tersebut dengan dalih tidak ada izin dari pemilik. (***).

Berita Terkait

Pengeroyok Anak di Bawah Umur di Sidrap Akhirnya Ditangkap, Terancam 9 Tahun Penjara
56 Passobis Ditangkap di Sidrap, Warga: Semoga Tidak Dilepas Lagi Seperti Kejadian di Sidrap
Ini Penjelasan Polda Sulsel Soal Penipu atau Passobis yang Ditangkap di Sidrap
50 Orang Penipu atau Passobis di Sidrap Ditangkap Polisi, Diangkut Pakai Mobil Truk
Bocah di Sidrap Dikeroyok 10 Orang Diseret di Aspal Hingga Nyaris Tewas, Tidak Satu Pun Pelaku Ditangkap
Pilkada Sidrap: Warga Butuh Pemimpin yang Siap Basmi 4S, Sabung Ayam, Sobis, Sabu, dan Seks Online
Curanmor Beraksi di Sidrap, Modus Pinjam Dulu lalu Kunci Kontaknya Diduplikat
Ombudsman Siap Tindaklanjuti Kasus 3 Tangki Pengangkut Solar yang Dilepas Polres Sidrap

Berita Terkait

Selasa, 30 April 2024 - 07:56

Surat Edaran Bupati Sidrap Tentang Berantas Sabung Ayam, Sabu, Sobis, dan PSK

Selasa, 30 April 2024 - 06:51

Baru 1 Bulan Jabat Kasat Narkoba Polres Barru, IPTU Bhoby Langsung Ungkap 30 Kg Sabu

Senin, 29 April 2024 - 23:03

Nonton Bareng di Polres Sidrap Dihadiri Ratusan Penonton

Senin, 29 April 2024 - 18:52

Terima Petisi Berantas Sabung ayam, Sabu, Sobis, dan PSK, Begini Kata Pj Bupati Sidrap

Senin, 29 April 2024 - 15:26

Tokoh Agama Bawa Petisi ke Bupati Sidrap, Isinya Minta Berantas Sabung Ayam, Sabu, Sobis dan PSK

Sabtu, 27 April 2024 - 14:11

Isyarat Sekda Sinjai Maju di Pilkada 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 13:27

Kapolda Sulsel Tanggapi Kasus Bocah di Sidrap yang Dikeroyok Hingga Nyaris Tewas

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:55

Kasat Reskrim Polres Sidrap Angkat Bicara Terkait Pelepasan 3 Mobil Tangki Pengangkut BBM Jenis Solar

Berita Terbaru

RAGAM

Ribuan Warga Nobar Semifinal AFC U 23 di Posko TSM

Selasa, 30 Apr 2024 - 12:47