Data Terbaru, Positif Covid-19 Parepare Bertambah 1 Orang

oleh -

Parepare, Sulsel – Kasus Covid-19 di Kota Parepare, masih harus terus diwaspadai. Itu karena masih terus terjadi penambahan, meski secara umum kasus aktif terbilang kecil, dan angka kesembuhan pasien tinggi.

Data terbaru Minggu, 8 November 2020, masih ada penambahan 1 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Itu menjadikan 13 kasus aktif di Parepare. Satu kasus baru ini adalah ASN salah satu SKPD Pemkot Parepare, dengan riwayat komorbid (penyakit penyerta).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare, Dr Hj Halwatia mengatakan, penambahan 1 kasus ini adalah kontak erat pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

BACA JUGA :   Pemkab Sinjai Gelar Rakor Penyesuaian Evaluasi Jabatan 

“Saat ini ASN bersangkutan dalam isolasi mandiri. Insya Allah besok (Senin, 9 November 2020) kita akan lakukan swab test kepada semua pegawai di SKPD tempatnya bekerja,” ungkap Halwatia, Ahad malam, 8 November 2020.

Secara keseluruhan, kata Halwatia, saat ini terkonfirmasi 13 kasus aktif, 1 orang di antaranya dalam perawatan di RS Makassar, 3 dirawat di RSUD Andi Makkasau, 2 dirawat di RS Sumantri, dan 7 dalam isolasi mandiri (Isman).

Sementara secara akumulasi terkonfirmasi 310 kasus positif Covid-19 di Parepare hingga hari ini, 290 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Dan ada 7 pasien meninggal dunia.

BACA JUGA :   Sekda Barru Harap Penyusunan RTRW Sulsel 2020-2040 Telusuri Unggulan Daerah

“Pasien ketujuh yang meninggal datanya masuk tanggal 2 November 2020. Laki-laki, Tuan N, 61 tahun, warga Kelurahan Bukit Harapan. Dia meninggal di RS Wahidin Makassar, dan dikebumikan dengan protokol Covid-19 di Makassar,” terang Halwatia yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare.

Dalam kondisi saat ini, Halwatia mengaku, terus berupaya mengendalikan angka Reproduksi Efektif atau Rt yakni angka reproduksi penyakit menular setelah dilakukan intervensi atau tindakan. Intervensi Pemerintah atau Gugus Tugas Covid-19 dinilai berhasil jika angka Rt di bawah 1. Angka Rt Parepare saat ini di bawah 1 yakni 0,73. Namun cenderung belum stabil, karena angkanya naik turun. Kemarin, 7 November 2020, 0,70 dan sehari sebelumnya, 6 November 2020, 0,71.

BACA JUGA :   Banjir di Bantaeng dan Jeneponto, Tinggi Air Mencapai 2 Meter

“Pokoknya Pemerintah melalui Gugus Tugas akan terus mengintervensi, menangani dan mengendalikan penyebaran virus Corona di Parepare, hingga keadaan betul-betul bisa dikatakan normal dan stabil,” tandas Halwatia. (*)