Lepas Jamaah Calon Haji Parepare, Taufan Pawe Pesan Jaga Kesehatan dan Nama Baik Daerah

- Redaksi

Selasa, 23 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Parepare, Sulsel – Wali Kota Parepare Taufan Pawe menghadiri acara Pelepasan Jamaah Calon Haji Kota Parepare Kloter 4 Embarkasi Hasanuddin Makassar Tahun 1444 H / 2023 M di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Selasa, 23/5/2023.

Hadir pula Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim, Ketua PKK Parepare, Sekretaris Daerah Kota Parepare Iwan Asaad dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe mengatakan bahwa haji adalah rukun Islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa, menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin dan muslimat sedunia bagi yang mampu baik material, fisik, maupun keilmuan dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji atau bulan Dzulhijah. Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang biasa dilaksanakan sewaktu-waktu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan inti ibadah haji, kata Taufan dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf atau berdiam diri di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, dan berakhir setelah melempar jumrah atau melempar batu yaitu simbolisasi setan dan pada tanggal 10 Dzulhijjah, masyarakat Indonesia biasa menyebut juga hari raya Idul Adha sebagai hari raya haji kerena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.

“Ibadah haji yang akan saudara-saudara laksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. Para calon jamaah haji hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total,” ucap Taufan.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini berharap agar keberangkatan para Jamaah Haji dari Kota Parepare ini, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

“Karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain,” ungkapnya.

Taufan juga berpesan kepada para jamaah untuk selalu menjaga kesehatan karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air. Selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan paramedis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan.

“Saya ingin menitipkan harapan kepada jamaah haji Kota Parepare, agar senantiasa mendoakan daerah yang tercinta ini, semoga kemakmuran dan kesejahteraan rakyat terus meningkat. Dan do’akan agar pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden serentak tahun 2024 berjalan dengan aman, lancar serta kondisi Kota Parepare dalam keadaan kondusif,” tandasnya. (*)

Berita Terkait

Pj Wali Kota Abdul Hayat Gani Hadiri HUT TNI ke-79
Respon Cepat PAM Tirta Karajae Parepare Atasi Gangguan Distribusi Air
Pasar Tani Pemkot Parepare, Langkah Inovatif Tekan Inflasi
Abdul Hayat Gani: Netralitas ASN Perlu Dijaga dan Diawasi
Maulid Nabi Muhammad SAW Pemkot Parepare, Abdul Hayat Pesan Teladani Sifat Rasulullah
Kepala Bappeda Yakinkan Dukungan Kuat Pemkot Parepare ke ITH Sudah Terikat dalam RPJPD
Pengerjaan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare Tunjukkan Perkembangan Positif, Progres Capai 54 Persen
Pj Wali Kota Parepare Kunjungi Kampus ITH, Optimis Bakal Sejajar dengan Kampus Teknologi Lainnya

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 17:44

Pj Wali Kota Abdul Hayat Gani Hadiri HUT TNI ke-79

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 06:44

Respon Cepat PAM Tirta Karajae Parepare Atasi Gangguan Distribusi Air

Jumat, 4 Oktober 2024 - 18:52

Pasar Tani Pemkot Parepare, Langkah Inovatif Tekan Inflasi

Kamis, 3 Oktober 2024 - 12:08

Abdul Hayat Gani: Netralitas ASN Perlu Dijaga dan Diawasi

Kamis, 3 Oktober 2024 - 08:53

Maulid Nabi Muhammad SAW Pemkot Parepare, Abdul Hayat Pesan Teladani Sifat Rasulullah

Berita Terbaru

Pemkot Parepare

Pj Wali Kota Abdul Hayat Gani Hadiri HUT TNI ke-79

Sabtu, 5 Okt 2024 - 17:44