Terima Insentif, IGS Sampaikan Terima Kasih Kepada Bupati Sinjai

- Redaksi

Minggu, 10 November 2019

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritasulsel.com – Pembayaran insentif bagi Guru Tidak Tetap (GTT) non Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai akhirnya terealisasi. Dana tersebut, dipastikan masuk di rekening masing-masing guru sejak Kamis, 7 November 2019 kemarin. Kabar baik itu tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para guru yang selama ini telah menanti kucuran insentif dana tersebut.

Seperti yang dirasakan, Herawati, guru sukarela SD Negeri 28 Pakkita, Kecamatan Sinjai Timur. Hera yang mengajar di kelas III itu mengungkapkan rasa syukur karena insentif yang dinanti-nantikan selama 6 bulan mulai Januari hingga Juni 2019 telah dibayarkan Pemkab Sinjai melalui Dinas Pendidikan.

“Syukur alhamdulillah akhirnya insentif kami cair juga. Ini ibarat hujan di siang hari yang tiba-tiba menjadi penyejuk. Betapa tidak, saya dan teman-teman seprofesi yang hanya berstatus non PNS setidaknya bisa bernafas lega. Sebab dana yang ditunggu sekian lama sudah cair. Yang pasti kami senang,” ucap Herawati sembari tersenyum saat ditanya usai mengajar di halaman sekolah SDN No. 28 Pakkita, Jumat, (8/11/).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di SDN 28 Pakkita sendiri menurut Herawati, ada sebanyak 5 orang guru di sekolah tersebut yang mendapat insentif dengan total Rp 600 ribu per orang. Mulai triwulan pertama dan kedua. Artinya setiap guru perbulan bisa mendapatkan insentif sebesar Rp 100 ribu.

“Besar kecil nilai yang kami peroleh patut diapresiasi. Satu kebijakan yang luar biasa. Mewakili para guru dan kepala sekolah saya mengucap terima kasih kepada Pemkab Sinjai, dalam hal ini Bapak Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa atas apa yang telah di programkannya. Mudah-mudahan dana ini bisa bermanfaat bagi saya dan keluarga,” tutur Hera.

Selain Herawati, Ali Mubarak, guru sukarela di SDN 107 Kaloling, Kecamatan Sinjai Timur mengatakan banyak terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati Sinjai atas bukti nyata programnya kepada guru sukarela dengan adanya pemberian insentif.

Begitu pula dengan Rahmiaty, yang merupakan guru sukarela di SDN 90 Mattumpu, Kecamatan Sinjai Utara mengatakan bahwa perhatian Bapak Bupati Sinjai terhadap guru sukarela begitu besar, hal tersebut dibuktikan oleh Bupati Sinjai dengan memberikan insentif kepada seluruh guru sukarela di Sinjai sebagai bentuk kepeduliannya dibidang pendidikan.

Pengurus Ikatan Guru Sukarela (IGS) Sinjai, Abdul Hamid Razak menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Sinjai, Kepala Dinas pendidikan beserta jajarannya, dan penasehat IGS yang selama ini memberikan solusi atas berbagai permasahan yang dihadapi IGS.

“Pemberian insentif merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah kepada guru sukarela yang ada di Kabupaten Sinjai. Guru sukarela merupakan pejuang pendidikan yang hampir tidak pernah mendapat perhatian pemerintah, namun kehadiran Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa yang telah memberikan penghargaan kepada kami guru sukarela dengan pemberian insentif”, ungkap Hamid.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Andi Sompa menyampaikan, insentif bagi guru honorer dialokasikan setiap bulan. Hanya saja, pencairannya tidak bisa dilaksanakan sebulan sekali. Biasanya, dilakukan pertiga bulan atau paling lambat enam bulan sekali karena proses administrasinya memakan waktu lama terkait data guru yang akan menerima.

“Untuk pembayaran triwulan ketiga dan empat nanti direncanakan dalam waktu dekat. Diupayakan minggu kedua Desember mendatang,” kata Andi Sompa.

Ia merincikan, total ada sebanyak 1.989 tenaga guru sukarela di Sinjai yang menerima dana insentif.

“Dari jumlah itu, sebanyak 664 orang merupakan tenaga guru TK, guru SD 1.002 orang. Sementara untuk guru SMP sebanyak 323 orang”, tukasnya. (Sambar)

Berita Terkait

Segera Download Aplikasi AJPAR, Solusi Cerdas Mudahkan Layanan dan Tingkatkan Kesejahteraan
Prabowo-Gibran Resmi Dilantik, Andi Sudirman: Selamat Bekerja dan Semoga Amanah Pak Presiden
IA-Kan Kampanye di Tangnga-Tangnga, Ketua DPC PKB Bantaeng: “Hanya ILHAM-KANITA Yang Bisa Selesaikan Persoalan Masyarakat”
Andi Sudirman Kenakan Baju Adat Toraja di Rapat Paripurna 355 Tahun Sulsel
Andi Sudirman Sampaikan Belasungkawa Meninggalnya Istri Muslimin Bando
Andi Sudirman Ikuti Jalan Sehat ‘Anti Mager’ 355 Tahun Sulsel di Soppeng
Raja Gowa ke-38 Sematkan Pin Kerajaan Gowa kepada Andi Sudirman
Kelong Pinus Rombeng Volume 5, Komitmen Dinas Pariwisata Pemkab Bantaeng Menjaga Kelestarian Budaya di Bumi Buttatoa

Berita Terkait

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 10:26

Segera Download Aplikasi AJPAR, Solusi Cerdas Mudahkan Layanan dan Tingkatkan Kesejahteraan

Minggu, 20 Oktober 2024 - 15:55

Prabowo-Gibran Resmi Dilantik, Andi Sudirman: Selamat Bekerja dan Semoga Amanah Pak Presiden

Minggu, 20 Oktober 2024 - 13:35

IA-Kan Kampanye di Tangnga-Tangnga, Ketua DPC PKB Bantaeng: “Hanya ILHAM-KANITA Yang Bisa Selesaikan Persoalan Masyarakat”

Minggu, 20 Oktober 2024 - 11:10

Andi Sudirman Kenakan Baju Adat Toraja di Rapat Paripurna 355 Tahun Sulsel

Kamis, 17 Oktober 2024 - 12:42

Andi Sudirman Sampaikan Belasungkawa Meninggalnya Istri Muslimin Bando

Berita Terbaru