Waspadai Karhutla, Ini Pesan Kapolres Sidrap

oleh -

Beritasulsel.com – Memasuki musim kemarau, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono mengimbau warganya untuk senantiasa waspada akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurutnya, upaya pencegahan perlu dilakukan guna menghadapi ancaman karhutla di beberapa titik.

“Ada beberapa daerah yang mengalami seperti di Sumatera dan Kalimantan, tentunya ini menjadi perhatian kami, dan kami harap masyarakat dapat memahaminya untuk kebaikan,” ungkap Kapolres saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (13/8/19) siang.

BACA JUGA :   Pasca Pemilu, Kapolres Sidrap: Alhamdulillah Sampai Saat ini Aman

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah bersinergi bersama TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran Sidrap untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dan menyatukan persepsi dalam hal penanganan karhutla, kami selalu bersiaga 1X24 jam jika dibutuhkan” lanjutnya.

Kapolres juga menambahkan perlunya kewaspadaan masyarakat dengan tidak membuang sisa puntung rokok dan membakar disembarang tempat.

BACA JUGA :   Begini Cara Kapolres Sambut HUT Sidrap, Anjangsana dan Santuni Murid SLB

“Saat musim kemarau seperti ini, daerah ilalang atau rumput maupun daun kering itu mudah terbakar, walaupun pemicunya itu adalah puntung rokok, termasuk membakar sampah, setelah dihidupkan kita harap tidak langsung ditinggalkan, melainkan dipastikan apinya padam sehingga tidak menjalar ke tempat lainnya,” kata pria yang kerap disapa Budi.

Budi berharap warganya mampu menjaga kelestarian hutan karena hutan yang sehat mampu menghasilkan udara yang sejuk untuk kehidupan, sebaliknya kerusakan hutan dan menimbulkan masalah seperti banjir dan polusi udara.

BACA JUGA :   Santuni Korban Kebakaran, Kapolres Sidrap: Sesama Saudara Sudah Sepantasnya Saling Berbagi

“Ayo, mari kita jaga hutan kita dengan sebaik mungkin, apalagi sekarang hutan kita sudah sangat kritis,” tutupnya. (HS/BSS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *