Proprofs Brain Games: Solusi Efektif Media Pembelajaran pada Qowaid Nahwu

- Redaksi

Sabtu, 1 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ahmad Faisal Zam Ani

Ahmad Faisal Zam Ani

Pembelajaran di abad ke-21 berbeda secara signifikan dari praktik pembelajaran dulu. Dahulu, pembelajaran berlangsung tanpa kepatuhan terhadap standar tertentu; Namun, pembelajaran modern mengharuskan penggunaan standar sebagai pedoman untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kemajuan teknologi dalam sektor pendidikan telah menyebabkan banyak inovasi baru yang memfasilitasi pengalaman belajar. Saat ini, banyak lembaga pendidikan bersaing untuk meningkatkan tingkat layanan yang diberikan kepada pelajar melalui pemanfaatan platform online.

Salah satu dampak signifikan teknologi pada bidang pendidikan adalah munculnya kemajuan baru yang mulai memanfaatkan jaringan komputer dan Internet dalam proses pendidikan yang biasa dikenal sebagai e-learning. E-learning merupakan bentuk pembelajaran yang dilaksanakan melalui pemanfaatan media atau layanan bantuan perangkat elektronik yang mencakup audio, video, alat komputer, atau perpaduan elemen-elemen ini. Menurut Fadillah, e-learning menunjukkan pembelajaran yang difasilitasi oleh penggunaan perangkat elektronik, terutama alat komputer.

Pembelajaran Qawaid Nahwu telah menjadi bagian integral dalam kurikulum bahasa Arab di banyak lembaga pendidikan. Namun, dalam era digital saat ini, pendekatan konvensional terhadap pengajaran dan pembelajaran dapat dirasakan terbatas dalam menghadapi tantangan baru. Oleh karena itu, upaya untuk mengintegrasikan media pembelajaran yang inovatif menjadi fokus utama dalam memperbarui metode pengajaran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pemilihan salah satu media mengajar akan berdampak pada alat pengajaran yang sesuai untuk digunakan, terlepas dari adanya berbagai faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika memilih alat, seperti tujuan, kategori, kegiatan, dan reaksi yang diharapkan diperoleh peserta didik setelah sesi instruksional, serta pengaturan pendidikan dan karakteristik siswa.

Adapun manfaat dan tujuan penggunaan ProProfs Brain Games dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu yakni, Penggunaan media ProProfs Brain Games merupakan salah satu media yang menarik dan efektif dalam pembelajaran Qawaid Nahwu. Karena pembelajaran ProProfs Brain Games merupakan platform pembelajaran daring yang menawarkan beragam permainan dan aktivitas interaktif yang dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran. Sedangkan untuk manfaatnya sendiri karena penggunaan ProProfs Brain Games dalam pembelajaran Qawaid Nahwu meliputi:

1. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam media pembelajaran ini, yang mana di dalamnya menawarkan format permainan yang menarik sehingga siswa lebih aktif dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran.

2. Memperkuat pemahaman materi, hal ini dikarenakan pembelajaran ini melalui pendekatan interaktif, berupa siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep gramatikal Qawaid Nahwu dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

3. Meningkatkan retensi pembelajaran format permainan dan interaksi yang dapat menarik serta membantu siswa untuk lebih lama mengingat materi yang dipelajari.

4. Mengembangkan keterampilan dalam menggunakan teknologi, karena penggunaan platform daring membantu siswa mengembangkan keterampilan teknologi yang esensial di era digital ini.
Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari pembelajaran Qawaid Nahwu menggunakan ProProfs Brain Games, terdapat beberapa langkah penggunaan media Proprofs Brain yang mana lebih melibatkan beberapa langkah berikut:

1. Persiapan Materi karena dalam hal ini guru akan menyiapkan materi Qawaid Nahwu yang akan diajarkan dan menyesuaikannya dengan format permainan.

2. Pelaksanaan Pembelajaran berupa Siswa mengakses ProProfs Brain Games melalui perangkat mereka dan mengikuti permainan atau aktivitas yang telah disiapkan oleh guru. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan dan membimbing siswa selama proses pembelajaran.

3. Dan yang terakhir yakni melakukan evaluasi dan umpan balik setelah selesai mengikuti permainan, siswa menerima umpan balik langsung dari platform mengenai kinerja mereka. Guru kemudian mengevaluasi hasil pembelajaran dan memberikan umpan balik tambahan yang diperlukan.

Dengan memanfaatkan media ini, diharapkan siswa dapat lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep gramatikal Qawaid Nahwu. Oleh karena itu, sebenarnya peran pembelajaran bahasa Arab menggunakan ProProfs ternyata banyak memberikan dampak yang positif untuk pembelajaran, khususnya pada penelitian ini pada pembelajaran Qawaid Nahwu.

Penulis: Ahmad Faisal Zam Ani
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Jurusan Bahasa Arab

Berita Terkait

Isu Terkait Etnis Rohingnya yang Tinggal di Indonesia
Arah Semangat Baru bagi Kartini Dimasa Sekarang di Tengah Problematika Para Perempuan di Negeri ini
HMI Komisariat FKM UMI Cabang Makassar Gelar Baksos di Panti Asuhan Asyaratun Muharramah
IMIKI PPT UINAM Gelar Diklat Batch 4.0
IMPS KOPERTI UIN AM Rayakan Milad yang ke 24 Tahun
Nurul Zhaafira, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Merupakan Beauty Muslimah Sulsel sekaligus Model Freelance
Bertemu Ketua Ulama dan Da’i Asia Tenggara KH. Muhammad Zaitun Rasmin : Lidmi Harus Menjadi Pelopor Perbaikan Negeri Ini
Murid SMPIT Nurul Fikri Makassar Sabet Juara Tahfizul Qur’an

Berita Terkait

Sabtu, 1 Juni 2024 - 10:47

Proprofs Brain Games: Solusi Efektif Media Pembelajaran pada Qowaid Nahwu

Sabtu, 30 Desember 2023 - 13:34

Isu Terkait Etnis Rohingnya yang Tinggal di Indonesia

Sabtu, 22 April 2023 - 09:23

Arah Semangat Baru bagi Kartini Dimasa Sekarang di Tengah Problematika Para Perempuan di Negeri ini

Minggu, 16 April 2023 - 13:22

HMI Komisariat FKM UMI Cabang Makassar Gelar Baksos di Panti Asuhan Asyaratun Muharramah

Senin, 12 Desember 2022 - 05:43

IMIKI PPT UINAM Gelar Diklat Batch 4.0

Berita Terbaru