https://henrygrimes.com https://monkproject.org https://alcc-research.com

Pemkot Parepare Terima Mahasiswa KKN Unhas, Akbar Ali Pesan Beri Kontribusi dan Ide Cemerlang bagi Daerah

- Redaksi

Kamis, 4 Juli 2024 - 19:25

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritasulsel.com – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali atas nama Pemerintah Kota Parepare menerima resmi ratusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 112 Universitas Hasanuddin periode Juni-Agustus 2024 di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Kamis (4/7/2024).

Terdata 160 mahasiswa KKN Tematik yang diterima di Pemerintah Kota Parepare, dan 30 mahasiswa lainnya ditempatkan di KPU Parepare.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Pj Wali Kota Akbar Ali berharap secepatnya beradaptasi dengan kondisi di Parepare, sekaligus memperkenalkan kota ini sebagai penyanggah Ibukota Nusantara (IKN), dan kota tujuan investasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kalau distribusi barang terhambat pasti terjadi gejolak ekonomi seperti inflasi di Kalimantan. Kota ini jadi penyanggah hampir 5 juta penduduk Sulawesi Selatan, termasuk 1,5 juta penduduk Sulawesi Barat. Karena itu kita jadikan Parepare kota investasi, promosi periklanan daerah-daerah tetangga seperti Toraja, Wajo bisa dipusatkan di Parepare,” kata Akbar Ali.

Hadirnya mahasiswa, Akbar Ali berharap memberikan kontribusi masukan ide cemerlang kepada Pemkot tentang apa yang bisa dilakukan untuk jadikan Parepare Kota Investasi.

Akbar Ali yang juga Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri meminta, agar para mahasiswa bisa memberikan masukan program-program pembangunan di Parepare.

Agar jika program-program itu sukses bisa jadi laporan yang baik ke Unhas.

Akbar Ali juga berpesan agar selama KKN, mahasiswa dapat memberikan pengaruh positif dalam hal membangun kultur budaya yang baik di Parepare.

“Seperti edukasi masyarakat untuk buang sampah pada tempatnya. Meski ada petugas tapi harus bangun kesadaran buang sampah pada tempatnya. Sampaikan budaya yang baik kepada masyarakat, apalagi masyarakat Parepare ini paling heterogen setelah Makassar. Jadi gunakan sebaik-baiknya ilmu yang ada diaplikasikan untuk masyarakat,” pesan Akbar Ali.

Di penghujung sambutan, Akbar Ali mengucapkan selamat melaksanakan KKN di Parepare, jaga nama baik diri pribadi, keluarga, almamater, dan Kota Parepare.

Sementara Koordinator Dosen Pendamping KKN Gelombang 112 Unhas, drg Nursyamsi MKes melaporkan bahwa total ada 4.425 mahasiswa Unhas yang KKN disebar ke seluruh penjuru negeri termasuk 24 Kabupaten Kota di Sulsel.

“Di Parepare, ada 160 mahasiswa Unhas yang ber-KKN. Terbagi 135 mahasiswa KKN bertema penanganan stunting dan pemberdayaan UNKM, 16 mahasiswa tematik penerapan halal, dan 9 mahasiswa tematik pengelolaan sampah. Mereka tersebar di seluruh Kelurahan di Parepare,” ungkap Nursyamsi yang juga putra kelahiran Parepare.

Nursyamsi mengemukakan, penempatan mahasiswa KKN ini setelah berkoordinasi dengan Pemkot Parepare melalui Bappeda tentang apa yang menjadi kebutuhan daerah.

“Kami berharap mahasiswa KKN dapat memberikan manfaat bagi seluruh jajaran Pemerintah Kota Parepare dan masyarakat. Semoga melalui KKN ini, kolaborasi Pemkot dan Unhas terus berjalan dengan baik, sehingga Unhas menjadi gerbang terdepan dalam membantu Pemkot Parepare tingkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Nursyamsi.

Dalam kesempatan itu, turut hadir menerima para mahasiswa, Sekda Kota Parepare Muh Husni Syam, Kepala Bappeda Zulkarnaen Nasrun, para Staf Ahli, Asisten, jajaran Kepala SKPD termasuk Direktur RSUD Andi Makkasau dr Hj Renny Anggraeny Sari, Direktur RS dr Hasri Ainun Habibie dr Mahyuddin, pejabat eselon III, serta seluruh Camat dan Lurah. (*)

Berita Terkait

Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Hadiri Reuni Akbar Alumni SMAN 467 Sidrap
Fakultas Kedokteran Unhas Lakukan Visitasi ke RSUD Andi Makkasau Parepare
Akbar Ali Tinjau Progres Pembangunan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Progres Capai 12%
Buka Kejuaraan Pencak Silat Parepare Championship 2, Akbar Ali Harap Lahir Atlet Potensial
Jalin Sinergitas dan Silaturrahim dengan Masyarakat Parepare, Akbar Ali Hadirkan Pemerintah Menyapa
Pemkot Parepare Apresiasi Pertemuan Tahunan Persekutuan Perempuan gereja Toraja Mamasa Tingkat Sinode
Pj Akbar Ali Tegaskan Ada Sanksi Berat bagi ASN Parepare yang Terlibat Judi Online
Pemkot Parepare Monitoring Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar Lakessi

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 19:41

Resahkan Warga, Tambang Pasir di Mattirobulu Pinrang Akhirnya Ditutup, Polisi: Kita Sudah Tangani

Rabu, 3 Juli 2024 - 13:48

Kasatres Polres Pinrang Janji Tindaki Tambang Ilegal se Pulang dari Makassar, Warga: Jadi Apa Gunanya Kapolres?

Selasa, 2 Juli 2024 - 14:47

Tambang yang Diduga Ilegal di Mattirobulu Pinrang Resahkan Warga

Selasa, 2 Juli 2024 - 08:25

Ini Bukti Chat yang Dikirim Pemeras ke Kades Samaenre Pinrang Mengatasnamakan Tipidkor Polda Sulsel

Minggu, 30 Juni 2024 - 23:35

Kades Samaenre Pinrang Diperas, Pelaku Mengatasnamakan Kasat Reskrim dan Tipidkor Polda Sulsel

Selasa, 28 Mei 2024 - 10:55

MA Biharul Ulum Ma’arif Adakan Tasmi’ Hafalan Al-Qur’an

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:53

Kapolsek Mattiro Bulu Polres Pinrang dan 2 Anggotanya Dipraperadilankan

Jumat, 10 Mei 2024 - 16:20

Kapolres Pinrang Santuni 3 Orang Korban Kebakaran di Desa Samaulue Pinrang

Berita Terbaru