Kampanye di Panrumputan, Warga Ceritakan Bagaimana Ilham Azikin Lindungi Peternak di Bantaeng Melalui Jempol Asik

- Redaksi

Sabtu, 28 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ILHAM AZIKIN dan NURKANITA KAHFI Kampanye di Panrumputan. Sabtu, 28 September 2024.

ILHAM AZIKIN dan NURKANITA KAHFI Kampanye di Panrumputan. Sabtu, 28 September 2024.

Bantaeng – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng 2024, DR Ilham Azikin dan Nurkanita M Kahfi kian massif menggalang dukungan.

Pasangan dengan akronim IAKAN ini menggelar kampanye di Kampung Panrumputan, Kecamatan Pa’jukukang. Sabtu, (28 September 2024).

Ratusan masyarakat memadati titik kampanye itu sejak siang hari. Mereka bersemangat, menunggu kedatangan pasangan Ilham Azikin dan Nurkanita M Kahfi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mendapat kesempatan pertama menyampaikan program unggulan yang akan dilakukan pasangan dengan akronim IAKAN ini, Nurkanita Kahfi terlebih dahulu memperkenalkan dirinya kepada ratusan warga yang hadir.

Kanita menyampaikan bahwa dirinya yang pernah menjadi salah satu bagian dari TGUPP Provinsi Sulsel dan Staf Ahli Komisi VIII DPR-RI, merasa terpanggil untuk kembali ke kampung halamannya di Bantaemg untuk mengabdi kepada masyarakat Bantaeng bersama Ilham Azikin.

“Insya allah, program baik Pak Ilham Azikin untuk masyarakat Bantaeng akan dilanjutkan,” kata Acce, sapaan akrab Kanita Kahfi.

“Program bantuan modal usaha akan diperluas sampai ke tingkat RT. Jadi ibu-ibu yang memiliki keterampilan dan punya UMKM, akan sangat terbantu dengan program bantuan modal usaha ini,” kata Kanita yang disambut applause dan teriakan warga panramputan, ‘Doboloki’, ‘Iakanmi’.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin memaparkan sejumlah program unggulannya jika terpilih memimpin Bantaeng untuk periode kedua.

Dia menyebut, program unggulannya itu bukan untuk segelintir orang. Program unggulan kita untuk kepentingan orang banyak.

“Tidak perlu kumpul KTP. Kita tidak datang untuk menakut-nakuti. Kita hadir dengan amanah untuk kepentingan orang banyak. Semua program unggulan ini untuk kepentingan seluruh warga Bantaeng,” kata Ilham Azikin.

Ilham Azikin menyebut, pemerintahan itu hendaknya hadir untuk seluruh lapisan masyarakat. Tidak boleh ada yang dibeda-bedakan.

Dia juga berharap, masyarakat tidak perlu ditakut-takuti untuk memilih di Pilkada ini.

“Kalau memang ada masyarakat yang berhak mendapatkan pupuk, pasti akan dapat pupuk. Tidak perlu melihat dia pendukung siapa,” kata Ilham Azikin.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk bisa memahami batas kewenangan kepala daerah.

Menurutnya, tidak boleh ada orang yang menjanjikan sesuatu yang bukan kewenangannya.

Dia juga memastikan, seluruh lapisan masyarakat akan merasakan manfaat dari program unggulan yang ditawarkan IAKAN.

“Pemerintah itu harus setia kepada masyarakatnya. Masyarakat tidak perlu ditakut-takuti. Pemerintahlah yang yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakatnya,” kata Ilham Azikin.

Ilham Azikin juga memperkenalkan sejumlah program unggulan yang ditawarkan jika kembali memimpin di periode kedua.

Dia menyebut salah satunya adalah program asuransi pertanian dan peternakan.

“Kita tentu sudah merasakan manfaatnya. Di Kampung Panrumputan ini, banyak peternak kita sudah merasakan manfaat klaim asuransi peternakan,” kata dia.

Salah seorang masyarakat setempat, Sabo mengaku sebagai salah satu ujung tombak peternakan di Bantaeng. Dia menyebut, perhatian Ilham Azikin untuk para peternak di Bantaeng sangat luar biasa.

“Tahun lalu, klaim asuransi peternakan kita capai Rp1,5 Miliar. Tahun ini, hampir Rp2 M. Khusus di Panrumputan ini, tahun ini klaimnya sudah hampir Rp100 juta. Cari meki, dimana ada bupati yang bisa lindungi peternaknya? selain di Bantaeng,” kata Sabo.

Dia menambahkan, dalam beberapa kesempatan dia selalu melakukan kontak dengan Ilham Azikin saat ada peternak yang bermasalah.

Dia menyebut, Ilham Azikin pernah marah besar saat mengetahui ada peternaknya yang kesulitan mencairkan klaim asuransi.

“Pak Ilham ini pasti marah kalau ada satu saja peternak di Bantaeng yang mengalami kesulitan. Saya tahu persis itu. Sangat berdosa saya kalau saya tidak sampaikan kebaikan beliau ini ke banyak orang,” kata Sabo.

Untuk diketahui, “Jempol Asik” itu adalah inovasi dalam bentuk asuransi peternakan yang digagas oleh Kepala Bidang Peternakan Bantaeng Sri Eben Mangampa di era pemerintahan Ilham Azikin yang menjabat sebagai Bupati Bantaeng pada saat itu.

Inovasi ini telah mendapatkan pengakuan sehingga mendapatkan reward berupa Piagam Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam Piagam Penghargaan tersebut, tertulis Bidang Peternakan Bantaeng meraih juara pertama untuk inovasi Jempol Asik (Jemput Bola Asuransi Ternak Sapi) tingkat Provinsi Sulsel pada tahun 2022.

Sri Eben Mangampa juga mengatakan bahwa inovasi Jempol Asik ini juga meraih juara satu tingkat Nasional pada tahun yang sama dengan raihan juara satu di tingkat Provinsi Sulsel.

“Inovasi Jempol Asik kami mengalahkan beberapa inovasi lainnya dari 345 Kabupaten/Kota se Indonesia,” kata Sri Eben saat ditemui media ini pada awal September 2023.

Berita Terkait

Blusukan Special TSM-MO di Kelurahan Ujung Bulu, HSL Turun Gunung
Dandim 1410 Bantaeng Jadi Inspektur Upacara HUT TNI Ke-79, Letkol Eka: “TNI Dituntut Kedepankan Kepentingan Rakyat”
Fatmawati Disambut Meriah di Wajo, Aspirasi Warga jadi Perhatian
Tasming Hamid Ucapkan Selamat HUT TNI ke-79, Berikan Apresiasi atas Jasa dan Dedikasi TNI
Jaringan Travel dan Pengurus Penumpang Kapal Afiliasi HSL Special Force’s Mendukung dan Siap Menangkan TSM-MO
Dukungan Pelaku UMKM Wajo Mengalir untuk Fatmawati di Pilgub Sulsel
Cucu Cendekiawan Muslim Sulsel Tatap Muka dengan Tokoh Masyarakat di Tompobulu Bantaeng, Kanita Kahfi: “Buat Teman-teman Kakek Saya, Alhamdulillah dan Terima Kasih atas Dukungan ta”
Andi Sudirman Sulaiman Ikut Jalan Sehat Anti Mager bersama Ribuan Warga Rantepao

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 18:08

Blusukan Special TSM-MO di Kelurahan Ujung Bulu, HSL Turun Gunung

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 17:34

Dandim 1410 Bantaeng Jadi Inspektur Upacara HUT TNI Ke-79, Letkol Eka: “TNI Dituntut Kedepankan Kepentingan Rakyat”

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 17:29

Fatmawati Disambut Meriah di Wajo, Aspirasi Warga jadi Perhatian

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 15:39

Jaringan Travel dan Pengurus Penumpang Kapal Afiliasi HSL Special Force’s Mendukung dan Siap Menangkan TSM-MO

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 15:33

Dukungan Pelaku UMKM Wajo Mengalir untuk Fatmawati di Pilgub Sulsel

Berita Terbaru

Pemkot Parepare

Pj Wali Kota Abdul Hayat Gani Hadiri HUT TNI ke-79

Sabtu, 5 Okt 2024 - 17:44