Pj Wali Kota Parepare bersama Forkopimda Nonton Pidato Kenegaraan Presiden RI

- Redaksi

Sabtu, 17 Agustus 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritasulsel.com – Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali bersama seluruh jajaran Forkopimda dan Pemerintah Kota Parepare menghadiri dan menyaksikan bersama Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo secara zoom di Ruang Rapat Paripurna DPRD Parepare, Jumat (16/8/2024).

Pj Wali Kota Akbar Ali mengatakan, Pidato Kenegaraan terakhir Presiden Jokowi ini penting karena masa jabatan Presiden akan segera berakhir.

Penyampaikan Pidato Kenegaraan oleh Presiden ini merupakan agenda rutin tahunan dalam menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pelaksanaan Pidato Kenegaraan Presiden itu diselenggarakan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI – DPD RI dan Sidang Paripurna DPD RI. Sidang berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR/DPD RI.

Dalam Pidato Kenegaraannya, Presiden Jokowi mengatakan, 16 Agustus 2024, di momen terakhir dia bersama Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menyampaikan terima kasih yang tulus.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu semua. Kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada, yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan, sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini. Titik yang bisa menjadi titik lontar untuk menggapai kemajuan bersama di masa yang akan datang,” kata Presiden dalam pidatonya.

“Alhamdulillah, selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa, membangun dari daerah terluar. Sehingga, sampai saat ini kita telah membangun 366 ribu kilometer jalan desa, 1,9 juta meter jembatan desa, 2.700 kilometer jalan tol baru, 6.000 kilometer jalan nasional, 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan baru, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru,” paparnya.

“Sehingga, kita berhasil menurunkan biaya logistik dari sebelumnya 24 persen menjadi 14 persen di tahun 2023. Sehingga, kita bisa meningkatkan daya saing dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 di tahun 2024. Sehingga, Kita mampu memperkuat persatuan karena akses yang lebih merata dan berkeadilan. Selain itu, ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa juga terbukti dari daya tahan dalam menghadapi pandemi COVID-19, dalam menghadapi perubahan iklim, dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas,” lanjutnya.

Presiden mengemukakan, ini adalah pembangunan yang dicita-citakan bersama. Pembangunan yang menyentuh semua lapisan masyarakat. Pembangunan yang memberi dampak bagi masyarakat luas. Dan, pembangunan yang membuka peluang untuk tumbuh bersama-sama.

“Oleh sebab itu, di penghujung masa jabatan ini, izinkan saya menyampaikan suara nurani terdalam kepada Bapak, Ibu, Saudara-Saudara sebangsa dan setanah air, kepada seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali satu pun. Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami mohon maaf. Kami mohon maaf. Ini adalah yang terbaik, yang bisa kami upayakan bagi rakyat Indonesia, bagi bangsa dan negara Indonesia,” ungkap Presiden.

“Terakhir, kepada Presiden Terpilih, Bapak Jendral TNI (Purn.) Prabowo Subianto, tahun depan, Insyallah, Bapak yang akan menyampaikan pidato kenegaraan. Nanti, pada tanggal 20 Oktober 2024, izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto. Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa, dan dari pusat-pusat kota kepada Bapak. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan bagi bangsa Indonesia dalam kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto pada pemerintahan periode mendatang,” pesan Presiden mengakhiri pidatonya. (*)

Berita Terkait

DPRD Parepare Soroti Jabatan Dewas PDAM Tirta Karajae, Bakal Gelar RDP
Pj Wali Kota Parepare Terima Penghargaan di HUT ke-355 Sulsel
Pemkot Parepare Apresiasi Rakerda LSM Gerak Indonesia, Harap Terus jadi Lembaga Sosial Pro Rakyat Kecil
Pj Wali Kota Parepare Puji Pelayanan dan Fasilitas Mal Pelayanan Publik
Pj Wali Kota Parepare Hadiri Kunjungan Panglima Kodam XIV Hasanuddin di Mako Brigif
Pj Ketua TP PKK Buka Parepare Talkshow Pencegahan Penyakit Degeneratif, Edukasi Kesehatan Bersama Dokter Gizi Klinik
PAM Tirta Karajae Parepare Ingatkan Pelanggan untuk Tidak Menunggak Bayar Tagihan Air
Pemkot Parepare Luncurkan Inovasi Bang KORPRI, Tingkatkan Kompetensi ASN

Berita Terkait

Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:26

DPRD Parepare Soroti Jabatan Dewas PDAM Tirta Karajae, Bakal Gelar RDP

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 16:29

Pj Wali Kota Parepare Terima Penghargaan di HUT ke-355 Sulsel

Jumat, 18 Oktober 2024 - 17:54

Pemkot Parepare Apresiasi Rakerda LSM Gerak Indonesia, Harap Terus jadi Lembaga Sosial Pro Rakyat Kecil

Jumat, 18 Oktober 2024 - 17:33

Pj Wali Kota Parepare Puji Pelayanan dan Fasilitas Mal Pelayanan Publik

Jumat, 18 Oktober 2024 - 17:26

Pj Wali Kota Parepare Hadiri Kunjungan Panglima Kodam XIV Hasanuddin di Mako Brigif

Berita Terbaru