Program Kemanusian AMCF, Wagub Sulsel Resmikan Dua Rumah Layak Huni untuk Duafa

oleh -

Beritasulsel.com – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan dua rumah layak huni AMCF di Jalan Tamangapa Raya, Kota Makassar Kamis (30/7/2020).

Rumah layak huni itu merupakan program kemanusian yang dilakukan Asia Muslim Charity Foundation (AMFC) atau Yayasan Muslim Asia Sulsel.

Ada dua rumah yang diresmikan oleh Wagub Sulsel dengan pengguntingan pita. Yakni rumah layak huni untuk keluarga Dg. Badulu di Jalan Tamangapa Raya 5 No. 56 RT III RW III, Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala dan untuk keluarga M. Dg. Naja di Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Dalam laporannya, Administrator Pusat Kemanusiaan AMCF Sulsel, Haeruddin, menyampaikan pencapaian program kemanusian AMCF Sulsel sejak 2019. Program rumah layak huni sudah membangun 18 unit; pembuatan MCK umum 2 unit; 19 buah panel surya; pembagian sembako 2.856 paket; pemeriksaan kesehatan 2.963 jiwa; khitanan massal 340 jiwa; operasi katarak 222 mata; kursi roda 13 unit; tongkat untuk disabilitas 6 unit; serta program distribusi air bersih pusat kemanusian mencapai 1 juta liter. Selain itu, AMCF Sulsel juga aktif melakukan penyuluhan baik bidang pendidikan, kesehatan dan keagamaan.

BACA JUGA :   Curi HP di Puskesmas dan Gereja, Pria Asal Tinoring Diringkus Resmob Polres Tator

Ia mengaku ini menjadi momen langkah bagi AMCF Sulsel, kali pertama peresmian yang dihadiri oleh bapak Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

“Kami berharap keberadaan AMCF, program kemanusian dapat memberikan pelayanan kemanusian yang lebih maksimal lagi,” ujar Haeruddin.

Dewan Pembina AMCF Sulsel, Dr. Muh. Ali Bakri menghaturkan terima kasih kepada Wagub Sulsel. Orang nomor dua di Sulsel itu sudah sebagai pembina di AMCF atas support maupun menginisiasi program rumah layak huni untuk kaum duafa ini.

BACA JUGA :   Daar Al-Qalam Siap Lahirkan Jurnalis Muslim dan Aktivis Media Islam

“Ini adalah komitmen kami dalam MoU yang kami tanda tangani bersama Gubernur Sulawesi Selatan yang diinisiasi oleh bapak Wagub Sulsel pada Januari 2019 lalu,” ujarnya.

“Bapak Wagub mensupport kegiatan kami baik program kemanusian maupun keagamaan. Salah satunya bapak Wagub menghadiri Wisuda Akbar Hafidz/Hafidzah Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar,” akunya.

Dirinya berpesan, kepada penerima manfaat, (rumahnya) dijaga dan dipelihara dengan baik.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa sejak awal pemerintahannya sudah berkoordinasi dengan pusat kemanusian AMCF.

“Sukses selalu untuk AMCF dalam aksi kemanusian di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Ia pun mendukung adanya pelibatan Pramuka Makassar dalam kegiatan AMCF.

“Ini bagus sekali. Sebagai darma bakti kepada masyarakat. Sehingga kita bina empati sosial,” katanya.

Turut hadir diantaranya Dinsos Sulsel; Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Makassar, Iqbal Suhaeb; Camat Manggala; Lurah Tamangapa.

BACA JUGA :   Bupati Sinjai Lantik Pengurus Pemuda Pancasila Periode 2020-2024

Untuk diketahui, AMCF adalah sebuah yayasan bertaraf nasional, terdaftar resmi di kemenkumham RI yang memiliki jaringan nasional dan internasional, bergerak di bidang pendidikan, sosial, keagamaan, dan kemanusiaan.

Saat ini AMCF mengelola 20 lembaga Bahasa Arab & studi Islam di kota-kota besar se-Indonesia, 55 Markas tahfizh Al Quran se-Indonesia dan 96 panti asuhan dari Aceh hingga Papua.

AMCF atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Yayasan Muslim Asia adalah organisasi sosial, nirlaba dan nonpolitik yang berkantor pusat di Jakarta.

Untuk AMCF Sosial Kemanusiaan Cabang Sulawesi Selatan berdiri sejak 8 Februari 2018 yang memiliki dua bagian yakni Kapal dan Pusat Kemanusiaan. (RIS/BSS)