Kebijakan dan Terobosan Bidang Pendidikan Pengaruhi HLS di Parepare

oleh -

Parepare, Sulsel – Berbagai kebijakan dan terobosan dilakukan oleh Pemkot Parepare yang dinilai telah berada pada rel yang tepat (on the track), termasuk dalam bidang pendidikan.

Walikota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, pemerintah memiliki program pendidikan gratis sehingga tidak ada alasan lagi setiap usia wajib sekolah, tidak menikmati pendidikan hanya karena persoalan biaya.

BACA JUGA :   Hasnah Syam Apresiasi Keberadaan Posko Relawan Covid-19 di Lalabata

“Program pendidikan gratis menjadi komitmen Pemerintah Kota Parepare dan telah berdampak pada peningkatan partisipasi sekolah,” ujar Taufan.

Selain itu, beasiswa juga diberikan kepada siswa kurang mampu sehingga akan mengurangi beban para orangtua dalam membiayai sekolah anak-anaknya.

Program pendidikan gratis lainnya yang sangat dirasakan oleh orangtua siswa menurut Taufan, adalah adanya transportasi gratis bagi anak didik SD dan SMP, dengan sistem antar jemput di titik tertentu. Saat ini, bus sekolah yang melaksanakan layanan di Kota Parepare sebanyak lima unit.

BACA JUGA :   Hari Pertama 2020, Wagub Hadiri Peresmian Madrasah Ibtidaiyah Darul Istiqamah

“Pemerintah daerah juga telah menerapkan program pendampingan bagi anak-anak usia sekolah dasar untuk dapat mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang positif setelah pulang sekolah,” ujarnya.

Dengan adanya program-program tersebut, kata dia, berpengaruh pada angka Harapan Lama Sekolah (HLS) penduduk Kota Parepare usia 7 tahun ke atas dan meningkatnya indeks pendidikan. (*)