Tinjau Lokasi Banjir, ini Pesan Bupati Barru

oleh -
Bupati Barru Dilokasi Banjir

Beritasulsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, Sulawesi Selatan dan Tim Basarnas bertindak cepat melakukan penanganan ke warga yang menjadi korban banjir di sejumlah wilayah di Barru, Ahad (12/01/2020).

Selain Tim Basarnas, dan instansi terkait di lingkup Pemkab Barru yang sudah turun melakukan evakuasi ke warga, posko induk dan dapur umum juga mulai dibuat untuk menampung para warga.

Posko induk dan dapur umum tersebut disiapkan mencover dua kecamatan, sekaligus menjadi tempat koordinasi para tim dalam mengevakuasi dan memantau perkembangan banjir atau bencana alam.

BACA JUGA :   Penikmat Sabu Asal Kelurahan Coppo Barru, Diringkus

Bupati Barru Suardi Saleh yang sejak siang berkeliling ke sejumlah lokasi yang dilanda banjir, menghimbau kepada masyarakat untuk terus waspada, sekaligus bersama meningkatkan koordinasi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Termasuk kami harapkan kepada warga yang menjadi korban banjir untuk  bersedia dievakuasi atau mengungsi sementara. Posko induk dan dapur umum mulai disiapkan, sambil melihat perkembangan di wilayah lain,” kata Suardi Saleh saat meninjau lokasi banjir.

BACA JUGA :   Dandim 1405/Mlts Kembali Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Covid-19

Selain itu, Suardi Saleh yang turun berjalan ke pemukiman yang dilanda banjir di beberapa lokasi, juga sudah mengeluarkan imbauan kepada para kepala desa, lurah, serta camat untuk tanggap terhadap perkembangan di wilayahnya masing-masing.

“Kami sudah instruksikan sekaligus mengimbau kepada semua kepala desa dan lurah agar pro aktif dan tanggap mengenai perkembangan di wilayahnya masing-masing dalam mengantisipasi, serta melakukan penanganan bencana alam,” tambah Suardi Saleh.

BACA JUGA :   Pria di Walanae Bone Diringkus Polisi Bersama Barang Bukti Sabu

Berdasarkan pantauan, Suardi Saleh dan rombongan sempat meninjau lokasi banjir di sejumlah wilayah, termasuk Kelurahan Palanro. Ia bahkan rela berjalan kaki dengan genangan air yang tinggi demi menemui warga. (RIS/BSS)