Semangat Deklarasi, Masyarakat Tanete Rilau, Barru Penuhi Pantai Laguna

oleh -

Beritasulsel.com – Suasana penuh semangat sangat terasa saat pelaksanaan Deklarasi Stop BAB Sembarangan/ODF Kecamatan Tanete Rilau yang dilaksanakan ruang terbuka di Pantai Laguna, Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jumat (7/8/2020).

Pantai Laguna sengaja dipilih sebagai tempat deklarasi berdasarkan hasil musyawarah bersama pemerintah kecamatan dengan stakeholder lainnya dengan mempertimbangkan protokol kesehatan seperti menjaga adanya ruang lapang untuk jarak antar para peserta, undangan dan memperhitungkan masyarakat yang diperkirakan turut hadir.

Sesuai prediksi, antusiasme masyarakat Tanete Rilau yang saat ini dipimpin Plt. Camat Tanete Rilau Akmaluddin membuat Pantai Laguna penuh semangat. Apalagi dengan kehadiran Wa’Dennu, seorang Penyiar Iga Radio FM yang juga Komedian Asli Barru menambah suasana deklarasi semakin bergelora.

BACA JUGA :   TP: AIZ-Risma Handal Pimpin Pangkep Lebih Maju

Kehadiran Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Barru yang diketuai drg. Hj. Hasnah Syam MARS juga membuat nilai tersendiri di publik, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru tersebut nampak sangat bahagia melihat banyaknya peserta deklarasi dan mengapresiasi atas upaya yang sudah sangat maksimal sehingga pencapaian ini bisa diraih.

“Pada hari ini, usaha kita sudah maksimal sehingga pencapaian ini bisa kita raih dengan baik dan kegiatan ini berkaitan dengan Kesehatan Masyarakat, Terima kepada seluruh Kecamatan untuk semua kerjasamanya”, ungkap Hasnah Syam.

BACA JUGA :   Gelar Reses Masa Sidang II, Muhammad Wahyu: Aspirasi Warga Akan Ditindaklanjuti

Bupati Barru, Ir.H. Suardi Saleh M.Si juga mengungkapkan tujuan program Open Defication Free (ODF) sampai deklarasi yang dilaksanakan hari ini sebagai bentuk peningkatan kesehatan masyarakat Kabupaten Barru.

“Mulai sekarang (Pasca Deklarasi) untuk tidak lagi BAB Sembarangan karena bisa merugikan kesehatan masyarakat”, ungkap Bupati yang dua pekan lalu terpilih sebagai Top Leader Indonesia Kategori Innovatif Leader Of The Year’s ini.

Camat Tanete Rilau yang memimpin langsung deklarasi Stop Babs/ODF menyatakan bahwa masyarakat harus ikut bertanggung jawab dalam meningkatkan  derajat kesehatan dan selalu menjaga wilayah Tanete Rilau Kabupaten Barru untuk tidak berperilaku buang air besar sembarangan.

BACA JUGA :   Dukung Program Gerakan Sejuta Masker, Kasat Lantas Polres Gowa Bagi-bagi Masker

Deklarasi ODF hari ini merupakan ODF yang paling banyak diikuti oleh Masyarakat. Semoga dengan kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang BABS di sembarang tempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Barru dan semua elemen masyarakat turut hadir berbaur dengan tetap menggunakan standar protokol kesehatan Covid-19. (Hum/Rill)