Lokasi Debat Kandidat Paslon Pilkada Bantaeng 2024 Digelar di Kota Makassar, Ini Alasan Ketua KPU Bantaeng …..

- Redaksi

Minggu, 20 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Ilustrasi Debat Kandidat)

(Ilustrasi Debat Kandidat)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng menetapkan lokasi Debat Kandidat Pasangan Calon di Pilkada Bantaeng 2024, diselenggarakan di Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar pada 26 Oktober 2024.

Perihal tersebut disampaikan Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Saleh, saat ditemui Beritasulsel.com network Beritasatu.com pada Minggu sore (20 Oktober 2024) di Kantor KPU Kabupaten Bantaeng.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Debat Paslon Pilkada Bantaeng 2024 akan digelar di Four Points Hotel Sheraton di Kota Makassar pada Sabtu malam (26 Oktober 2024),” kata Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Saleh.

“Debat kandidat Paslon Pilkada Bantaeng 2024 digelar di Kota Makassar ini bukan karena alasan faktor keamanan di Bantaeng, namun hal pemindahan lokasi debat kandidat pertama ini dari Bantaeng ke Makassar, berdasarkan kerjasama KPU dengan Lembaga Penyiaran,” ungkap Ketua KPU Bantaeng.

Disampaikan oleh Ketua KPU Bantaeng bahwa tidak ada kewajiban debat kandidat harus dilaksanakan di Bantaeng, akan tetapi di PKPU itu disarankan/diutamakan dilaksanakan kabupaten masing-masing.

“Namun karena ada kerjasama KPU dengan Lembaga Penyiaran untuk acara Debat Kandidat, sehingga Debat Kandidat ini kami laksanakan di Kota Makassar. Kabupaten lain di Sulsel juga melangsungkan debat kandidat di Kota Makassar karena Lembaga Penyiaran itu sendiri hanya ada di Ibukota Provinsi (di Makassar),” kata Ketua KPU Bantaeng.

(Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Saleh)

“Alasan utama debat kandidat paslon Pilkada Bantaeng 2024 digelar di Makassar, karena mobilisasi alat dari Lembaga Penyiaran itu agak sulit dibawa ke kabupaten dan juga pertimbangan anggaran. Karena akan lebih mahal budget yang dikeluarkan jika alat Lembaga Penyiaran itu dibawa ke kabupaten, dibandingkan acara debat kandidat diselenggarakan di Kota Makassar. Mereka hanya drop alatnya ke lokasi debat yang tidak jauh dari lokasi Lembaga Penyiaran dan anggarannya juga tidak begitu besar,” jelas Ketua KPU Bantaeng.

Ditambahkan oleh Ketua KPU Bantaeng bahwa ada 4 Lembaga Penyiaran yang telah memasukkan penawaran kerjasama untuk acara debat kandidat, lembaga penyiaran itu, adalah: Inews Tv, Kompas Tv, TVRI dan TvOne.
“Belum ada Lembaga Penyiaran yang ditetapkan KPU Bantaeng untuk bekerjasama hingga hari ini. Kemungkinan 2 atau 3 hari kedepan baru bisa ditetapkan,” kata Ketua KPU Bantaeng.

“Bagi kami di KPU, Bantaeng ini aman untuk dilangsungkan acara debat kandidat dan tidak ada alasan kami tidak melangsungkan debat kandidat di Bantaeng karena faktor keamanan,” tegas Ketua KPU Bantaeng.

Dijelaskan oleh Ketua KPU Bantaeng, bahwa pada Selasa pagi (15 Oktober 2024) di Aula Hotel Pantai Marina, KPU Bantaeng bersama Bawaslu dan Bapak Pj Bupati Bantaeng beserta Pihak Keamanan dari TNI POLRI bersama KaBINda Bantaeng, sudah melakukan rapat koordinasi membahas kesiapan KPU Bantaeng di Pilkada Serentak 2024 dan membahas persoalan lokasi debat kandidat paslon Pilkada Bantaeng.

“Di Rakor itu, KaBINda Bantaeng menyampaikan kondisi keamanan di Kabupaten Bantaeng saat ini relatif aman untuk musim pilkada sudah sangat baik. Bantaeng bukan lagi di zona merah, melainkan sudah turun dan berada di zona kuning. Itu analisa dari KaBINda Bantaeng untuk bulan Oktober 2024,” kata Ketua KPU Bantaeng.

Disampaikan oleh Muhammad Saleh bahwa Debat Kandidat Paslon Pilkada Bantaeng 2024 akan digelar 2 kali. Debat pertama pada 26 Oktober 2024 dan debat kedua pada 16 Nipember 2024.
“Untuk debat kedua, kami belum memutuskan lokasinya dimana. Bisa di Makassar dan bisa juga dilaksanakan di Bantaeng. Nanti kami evaluasi setelah debat pertama digelar. Kita juga akan koordinasi dengan Lembaga Penyiaran. Jika memungkinkan untuk alatnya dibawa ke Bantaeng, maka debat kandidat kita akan laksanakan di Bantaeng. Jadi satu kali di Makassar dan satu kali di Bantaeng. Nantilah kita lihat hasil evaluasi dan koordinasinya,” kata Ketua KPU Bantaeng.

(Komisioner KPU Bantaeng)

Hasil Rapat KPU Bantaeng tentang Persiapan Debat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng 2024 pada Minggu malam (20 Oktober 2024) di Kantor KPU Bantaeng:

1. Debat Paslon dilaksanakan 2 kali.

2. Rencana pelaksanaan debat pertama pada hari Sabtu (26 Oktober 2024) dan debat kedua (16 November 2024).

3. Lokasi Debat pertama di Four Point Hotel Sheraton Makassar dan lokasi debat kedua masih tentatif.

4. Tim Panelis berjumlah 14 orang (7 orang di Debat pertama dan 7 orang di Debat Kedua).

5. Lembaga Penyiaran masih belum diputuskan.

6. Durasi Debat 180 menit (150 menit debat, 30 menit jeda iklan).

7. 23-24 Oktober 2024, Rapat dengan Tim Perumus dan Panelis. 24-25 Oktober 2024 itu karantina Tim Panelis.

8. Moderator debat 2 orang (1 orang tiap debat).

9. Tema Debat Pertama: “Peningkatan Kesejahteraan Melalui Pelayanan Publik Yang Aksesibel dan Responsif Dalam Memperkokoh NKRI”.

10. Tema debat kedua belum dirumuskan.

11. Paslon bisa membawa Tim Kampanye dan mengundang Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda dengan  jumlah total 75 org/Paslon.

12. KPU sendiri akan mengundang unsur Pemerintah, Akademisi, Profesional, Bawaslu, Media, Disabilitas dan KPU Provinsi Sulawesi Selatan.

13. Tim Panelis dari unsur Akademisi dan Profesional.

Untuk diketahui, Pilkada Bantaeng 2024 ini ada dua pasangan calon yang resmi mendaftar di KPU Bantaeng.
Pasangan calon dengan nomor urut satu itu adalah M. Fathul Fauzi Nurdin berpasangan dengan H. Sahabuddin dengan tagline “Bantaeng Bangkit”.
Sedangkan pasangan calon dengan nomor urut dua itu adalah Ilham Azikin berpasangan dengan Nurkanita Maruddani Kahfi dengan tagline “Setia Membangun Bantaeng”.

Berita Terkait

Tiga KEREN Dikukuhkan, Tasming: Ini Semangat Perubahan dari Anak Muda
Bawaslu Bantaeng Umumkan Pengawas TPS Terpilih di 8 Kecamatan
Pemimpin Tanpa Sekat, Fatmawati Berbaur Komunitas Tionghoa di Makassar
UjiSah versus IaKan, Malam ini Adu Konsep dan Gagasan di Acara Debat Kandidat Terbuka Calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng 2024
Kajari Satria Abdi, Diminta BPJS Ketenagakerjaan Bantaeng Menjadi Narasumber Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Bantaeng Sukses Memediasi Perseteruan antara Eks Karyawan dengan PDAM Bantaeng
Pj Bupati Andi Abubakar Melantik Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Lingkup Pemkab Bantaeng
Mahasiswa Demo Bawaslu, Desak Usut Tuntas Dugaan Politik Praktis Kadisdik Makassar

Berita Terkait

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 14:27

Tiga KEREN Dikukuhkan, Tasming: Ini Semangat Perubahan dari Anak Muda

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 13:55

Bawaslu Bantaeng Umumkan Pengawas TPS Terpilih di 8 Kecamatan

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:33

Pemimpin Tanpa Sekat, Fatmawati Berbaur Komunitas Tionghoa di Makassar

Jumat, 25 Oktober 2024 - 23:41

Kajari Satria Abdi, Diminta BPJS Ketenagakerjaan Bantaeng Menjadi Narasumber Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Jumat, 25 Oktober 2024 - 21:32

Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Bantaeng Sukses Memediasi Perseteruan antara Eks Karyawan dengan PDAM Bantaeng

Berita Terbaru