https://henrygrimes.com https://monkproject.org

Tawaran Pengembangan Komoditi Jagung-Pinjaman Modal Petani Sinjai

- Redaksi

Jumat, 21 Juni 2024 - 13:52

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Perwakilan PT. Paraco Jaya Abadi saat Mempersentasekan pengembangan Komoditi Jagung untuk Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai

Perwakilan PT. Paraco Jaya Abadi saat Mempersentasekan pengembangan Komoditi Jagung untuk Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai

Beritasulsel.com,Sinjai- Potensi pertanian di Kabupaten Sinjai dilirik oleh salah satu perusahaan bergerak di bidang pertanian yakni PT. Paraco Jaya Abadi.

Perusahaan tersebut menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam peningkatan produksi budidaya dan optimalisasi pendapatan pasca panen komoditi Jagung.

Tawaran penjajakan kerjasama ini dipresentasikan oleh Rachmat Endong Patompo selaku perwakilan dari PT Paraco Jaya Abadi dihadapan jajaran Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai di Command Center, Kamis (20/6/2024) sore.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rachmat Endong Patompo mengatakan, pihaknya selaku Opteker (pabrik) penyerap produk pertanian terutama komoditi Jagung siap memfasilitasi petani di Kabupaten Sinjai melalui program yang telah dijalankan beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Skema program yang ditawarkan kata Rachmat cukup simpel dan tidak membebani APBD Pemkab Sinjai karena melibatkan banyak pihak yang telah tergabung dalam ekosistem pengembangan komoditi Jagung, mulai dari PT Paraco Jaya Abadi sendiri, Pupuk Kaltim, Asuransi, perbankan hingga pihak kampus.

“Kami sudah bertemu dengan pak Pj dan beliau merespon baik apalagi untuk kepentingan mensejahterakan petani di Kabupaten Sinjai,” katanya

Menurut Rachmat, program yang ditawarkan ke Pemkab Sinjai, ini diharapkan dapat membantu petani di Kabupaten Sinjai. Tak hanya mendapatkan pinjaman modal untuk pengembangan komoditi Jagung, akan tetapi juga mendapatkan pendampingan hingga kepastian pasar pasca panen serta asuransi gagal panen.

Untuk tahap awal, program ini akan menjadi pilot Project dengan luas lahan 500 hektare. Program ini merupakan pertanian model produksi efesien dan efektif.

“Skemanya adalah KUR senilai Rp11 juta per hektare, jadi bisa digunakan untuk urusan pengembangan komoditi Jagung dan itu akan dikawal oleh kami sehingga tidak ada uang KUR yang disalahgunakan bukan untuk pertanian. Kalau gagal panen ada asuransi yang telah menjamin hal itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (TPHP) Sinjai, Kamaruddin Samma menyambut baik tawaran kerja sama ini selama program tersebut baik dan tidak merugikan petani di Kabupaten Sinjai. Pihaknya mengaku akan melakukan sosialisasi kepada petani di bawah sehingga program ini dapat dipahami dan diserap dengan baik oleh petani.

“Targetnya itu dari hasil pengembangan 6 ton per hektare. Tentu kami akan melakukan pertemuan dulu dengan petani karena pihak perusahaan ini siap membangun dan mengembangkan Jagung. Selaku Opteker, mereka juga siap untuk membeli hasil panen petani,” bebernya.

Presentasi program peningkatan produksi budidaya dan optimalisasi pendapatan pasca panen komoditi Jagung, ini dihadiri para kepala Bidang DTPHP Sinjai, penyuluh serta mantri pertanian Se-Kabupaten Sinjai.

Berita Terkait

Pemkab Sinjai Bakal Bentuk KSB di Dua Kecamatan
PJ Bupati Sinjai Ucapkan Selamat HUT Bhayangkara ke-78: Semakin Presisi
Polres Sinjai Ringkus 5 Penipu Lintas Provinsi: Modusnya, Beli Kompor Hadiah Motor N-Max
Pria di Sinjai Ditebas Gegara Menegur Pemotor yang Geber Knalpot Brong, Pelaku Diringkus
Untuk Pertama Kalinya Pemkab Sinjai Gelar Pasar Murah di Pulau Sembilan
Puluhan Pelaku Usaha di Sinjai Ikuti Bimtek Produk Olahan Hasil Perikanan
Kondisi Rujab Wabup Sinjai Tak Terawat, Anggaran Pemeliharaan Dimana?
Pemdes Saukang di Sinjai Salurkan BLT kepada 19 KPM

Berita Terkait

Selasa, 2 Juli 2024 - 20:05

Camat Lanrisang Buka Turnamen Sepak Bola Mallongi Longi Cup I Tahun 2024

Selasa, 2 Juli 2024 - 19:15

Andi Sudirman Sulaiman Melayat dan Sampaikan Duka Cita Meninggalnya Ayah Bupati Bulukumba

Senin, 1 Juli 2024 - 16:37

Kepala Lapas Parepare Ucapkan Selamat Ulang Tahun Drs. Liberti Sitinjak, Sebut Seorang Pemimpin yang Cerdas, Berintegritas dan Bertalenta

Senin, 1 Juli 2024 - 11:32

Andalan Sulsel Peduli dan AAS Community Berbagi Paket Perlengkapan Sekolah untuk Anak Yatim-Piatu dan Dhuafa di Gowa

Minggu, 30 Juni 2024 - 19:08

Fitnah Utang Pemprov Sulsel Mengarah Ke Andi Sudirman Sulaiman, Ini Penjelasan Ex Stafsus Gubernur Irwan, ST

Minggu, 30 Juni 2024 - 11:30

Rumah Puisi Parepare Gelar Festival, Tempat Media Kreatif bagi Sastrawan

Kamis, 27 Juni 2024 - 20:06

BPK Temukan Kelebihan Pembayaran atas Agenda Sulsel Bershalawat yang Digelar Bahtiar Baharuddin

Rabu, 26 Juni 2024 - 14:57

Pemberhentian Abdul Hayat oleh Keputusan Presiden Sudah Sesuai Prosedur

Berita Terbaru