Isu Pergantian Pj Wali Kota Ganggu Stabilitas Parepare, Pemprov Turun Beri Atensi

- Redaksi

Selasa, 17 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritasulsel.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadikan Kota Parepare sebagai atensi. Itu menyusul adanya gelombang penolakan dari sejumlah elite partai politik dan para legislator terkait isu pergantian Penjabat (Pi) Wali Kota Parepare.

Menyusul kemudian isu rencana aksi penyampaian aspirasi terkait penolakan itu ke DPRD Parepare. Dan menyusul isu berikutnya terkait rencana aksi penolakan Sekolah Kristen Gamaliel di Parepare.

Bukti atensi Pemprov itu, secara khusus Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kesbangpol Sulsel, Ilham Surono Arief, turun ke Parepare pada Senin malam (16/9/2024), untuk berkoordinasi dengan Badan Kesbangpol Parepare.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ilham Surono Arief kepada wartawan di salah satu kafe, mengatakan, tujuannya ke Parepare untuk membahas dua isu. Pertama soal isu rencana aksi penolakan pergantian Pj Wali Kota, dan kedua isu penolakan pembangunan sarana pendidikan sekolah kristen tersebut.

Karena itu, dia mengundang Kepala Badan Kesbangpol Parepare, Rustan Asta, beberapa tokoh masyarakat, dan elite parpol membahas dua isu itu.

“Sebisa mungkin kedua permasalahan itu tidak menimbulkan riak di masyarakat. Karena kami ditugaskan untuk menangani persoalan kewaspadaan nasional dan penanganan konflik,” kata Ilham.

Ilham berharap, kedua permasalahan itu mengedepankan dialog. “Kalau ada aksi yang ingin dilakukan, kami undang teman-teman yang ingin melakukan aksi itu duduk bersama untuk mengetahui apa permasalahan dan bersama cari solusinya. Karena kalau aksi secara demonstrasi biasanya pesan yang ingin disampaikan tidak sampai. Makanya dengan duduk bersama kita bisa mengetahui apa masalahnya, dan kira-kira solusi yang tepat seperti apa,” imbuh Ilham.

Dia menekankan, Kesbangpol Provinsi fokus menjaga kondisi stabilitas di daerah, apalagi menjelang Pilkada, dan saat ini sudah memasuki tahapan-tahapan krusial. “Jadi kami turun untuk sebisa mungkin selalu berkoordinasi bagaimana menjaga stabilitas di daerah,” harap Ilham.

Sementara terkait isu pergantian Pj Wali Kota Parepare, Ilham mengaku belum mendapat informasi resmi. Dia sudah berkoordinasi dengan Protokol Pemprov Sulsel, namun belum ada jadwal pelantikan Pj Wali Kota dimaksud dalam minggu ini. “Teman-teman Protokol mengatakan belum ada jadwal pelantikan dalam minggu ini, ya karena belum ada secara resmi (SK) diterima dari pusat,” ungkap Ilham.

Karena itu, kembali Ilham berharap para tokoh dan elite parpol di Parepare untuk tetap menjaga stabilitas. Tunggu keputusan resmi dari Mendagri terkait isu pergantian tersebut.

Hal sama diungkap Kepala Badan Kesbangpol Parepare, Rustan Asta. “Belum ada secara resmi kami terima (SK pergantian Pj Wali Kota). Jadi belum bisa dipastikan apakah itu (SK) hoaks, palsu atau tidak. Karena secara resmi kami belum terima baik dari Provinsi maupun di daerah,” tandas Rustan. (*)

Berita Terkait

Peringkat Tertinggi dalam 3 Pelaksanaan PON Terakhir, Andi Sudirman Bawa Sulsel Peringkat 11 PON XX
Hadiri Maulid di Wattang Bacukiki, ERAT Ajak Teladani Akhlak Rasulullah
Support Hadirkan Cekdam Kasiping, Langkah Andi Sudirman Atasi Banjir di Bantaeng
KPU Parepare Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT
Kecam Intimidasi Wartawan, Aktivis Makassar minta Kapolri Tindak Tegas Kapolda Sulsel
Usai dari Palopo, Andi Sudirman Malam-malam Kunjungi Kediaman Rais Syuriah PWNU Sulsel KH. Baharuddin
Warteg Rindu Rumah Hadir di Makassar, Sebuah Gagasan Anak Muda Bergelar Qualified Chef Australia
Pemprov Sulsel-Pemkab Lutim Kini Miliki Perusahaan Tambang Nikel, Bupati Lutim Budiman: Hasil Perjuangan Andi Sudirman Sulaiman

Berita Terkait

Selasa, 1 Oktober 2024 - 08:52

Peringkat Tertinggi dalam 3 Pelaksanaan PON Terakhir, Andi Sudirman Bawa Sulsel Peringkat 11 PON XX

Jumat, 27 September 2024 - 20:31

Hadiri Maulid di Wattang Bacukiki, ERAT Ajak Teladani Akhlak Rasulullah

Sabtu, 21 September 2024 - 12:03

Support Hadirkan Cekdam Kasiping, Langkah Andi Sudirman Atasi Banjir di Bantaeng

Sabtu, 21 September 2024 - 06:12

KPU Parepare Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT

Jumat, 20 September 2024 - 13:07

Kecam Intimidasi Wartawan, Aktivis Makassar minta Kapolri Tindak Tegas Kapolda Sulsel

Berita Terbaru

Pemkot Parepare

Pj Wali Kota Abdul Hayat Gani Hadiri HUT TNI ke-79

Sabtu, 5 Okt 2024 - 17:44